Visa-Kunjungan

VISA KUNJUNGAN

 

Visa Kunjungan diberikan kepada orang asing hendak mengunjungi Indonesia untuk tujuan wisata, kunjungan keluarga, kegiatan sosial dan budaya, kunjungan resmi pemerintah, olahraga non-komersial, bisnis dan kegiatan komersial, konferensi, seminar, berpartisipasi dalam pameran internasional, kursus singkat dan studi banding, kegiatan jurnalistik, kegiatan pembuatan film, kegiatan nirlaba atau transit. Berdasarkan frekuensi, Visa Kunjungan dibedakan atas 2 (dua), yaitu:

 

  1. Visa Kunjungan Sekali Perjalanan (single entry)

    Visa kunjungan dengan kategori single entry berlaku untuk masa tinggal tidak lebih dari 60 (enam puluh) hari dan dapat diperpanjang oleh otoritas imigrasi di Indonesia sebanyak maksimal 4 (empat) kali. Tambahan izin tinggal yang diberikan pada setiap perpanjangan adalah 30 (tiga puluh) hari.

     
  2. Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan (multiple entry)

    Visa kunjungan dengan kategori multiple entry berlaku selama 1 (satu) tahun dengan masa tinggal di Indonesia maksimal 60 (enam puluh) hari pada setiap kunjungan. Jenis visa ini tidak dapat diperpanjang atau dialihstatuskan. Jenis visa ini berlaku hanya untuk tujuan wisata, kunjungan sosial dan keluarga, tugas pejabat pemerintah, bisnis dan kegiatan komersial, berpartisipasi dalam pameran internasional atau seminar, dan transit. Untuk informasi selengkapnya, silahkan menghubungi Bagian Visa dan Konsuler KBRI Vatikan melalui alamat e-mail: konsuler.vatican@kemlu.go.id


Persyaratan Visa:

  1. Paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan (single entry) dan 1 tahun (multiple entry) terhitung sejak tanggal kedatangan di Indonesia.
  2. Bagi warga negara asing selain Italia dan Uni Eropa, wajib melampirkan kartu izin tinggal (permesso di soggiorno) yang masih berlaku.
  3. Melampirkan surat pengantar dari institusi pengirim yang menyatakan maksud dan tujuan kunjungan serta finacial statement. Financial statement adalah pernyataan bahwa biara bertanggung jawab penuh atas segala kebutuhan pemohon selama berada di Indonesia.
  4. Melampirkan surat undangan dari institusi di Indonesia yang menyatakan tujuan kunjungan pemohon.
  5. Salinan tiket pulang-pergi (return) sesui dengan durasi izin tinggal yang diajukan dalam aplikasi visa.
  6. Mengisi formulir aplikasi visa (formulir dapat diunduh di sini )
  7. Melampirkan satu pas foto berwarna ukuran 4x6cm dengan latar belakang putih, simetris dan tanpa kaca mata.
  8. Membayar biaya aplikasi visa sebesar €40 (dibayar pada saat visa telah disetujui )