Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Direktori Eksportir Indonesia 2011-2012     |       Selamat datang di situs resmi KBRI Nairobi     |       Kunjungi Website Portal Kemlu     |       

Profil Negara dan Kerjasama

Kenya

PROFIL SINGKAT KENYA
 
Kenya adalah negara khatulistiwa yang terkenal dengan game reserved (wisata petualangan dalam habitat satwa liar yang dilindungi) sehingga memikat kedatangan turis asing sepanjang tahun. Wilayah bagian utara berupa gurun (arid land) yang dihuni oleh suku-suku nomaden seperti suku Turkana. Bagian tengah, barat dan selatan adalah dataran tinggi yang subur untuk pertanian. Danau terbesar di Afrika, Lake Victoria, sebagian perairannya masuk dalam wilayah Kenya dan bagian lainnya masuk dalam wilayah Uganda dan Tanzania. Gunung tertinggi di Kenya adalah Mount Kenya (dengan ketinggian 5.200 m di atas permukaan laut) dimana puncaknya diselimuti salju sepanjang tahun.
 
Ibukota Kenya adalah Nairobi, yang terletak pada ketinggian 1.670 m di atas permukaan laut. Karena letaknya tersebut, suhu kota ini sejuk sepanjang tahun berkisar 20º C. Kemarau dan suhu panas terjadi antara Desember-Maret. Suhu dapat mencapai 28º C dengan kelembaban tipis. Pada bulan Juli – September suhu udara terkadang turun sampai 9º C.
Nairobi berkembang menjadi kota terbesar di Afrika Timur dengan luas mencapai 684 km2. Jumlah penduduk mencapai 4-5 juta orang. Nairobi juga berkembang sebagai kota penghubung untuk negara sekitar yang landlocked (Uganda, Burundi, Rwanda, dan selatan Sudan). Tidak hanya untuk jalur transportasi darat tetapi juga sebagai sentra bisnis karena banyaknya perusahaan global yang membuka kantor untuk kawasan Arika Timur dan Afrika di kota ini.
 
Nairobi juga menjadi satu-satunya negara berkembang yang menjadi host kantor pusat badan-badan PBB yaitu Program Lingkungan Hidup PBB (UNEP) dan Program Permukiman PBB (UN-Habitat).
 
40 tahun keberadaannya di Kenya, kantor-kantor PBB di Nairobi tidak hanya menjadi pusat kerja PBB di Kenya tetapi menjadi penggerak utama ekonomi kawasan dengan jangkauan kerja 75 negara. Keberadaan PBB juga memberikan kontribusi mencapai US$ 350 juta per tahunnya bagi perekonomian Kenya.
 
Hubungan luar negeri Kenya tegolong terkemuka untuk kelas Afrika Sub-Sahara. Jumlah perwakilannya di luar negeri hanya 36. Namun jumlah perwakilan asing di Nairobi berjumlah 79. Ditambah dengan keberadaan UNEP dan UN-Habitat yang keanggotaannya ada puluhan negara, maka Nairobi menjadi “sangat” internasional. Untuk Komunitas kawasan Afrika Timur (EAC) yang terdiri dari Tanzania, Kenya, Burundi, Uganda dan Rwanda, maka Kenya tergolong “raksasa” dalam hampir semua bidang, termasuk dalam luas wilayah, jumlah penduduk, ekonomi, infrastruktur, maupun jalur komunikasi dan transportasi internasional.
 
 
HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA-KENYA
 
Hubungan diplomatik Indonesia dengan Kenya dibuka pada bulan Juli 1979 yang ketika itu dirangkap oleh KBRI Dar Es Salaam, Tanzania. KBRI Nairobi secara resmi dibuka di Nairobi pada bulan April 1982. Hubungan politik antara kedua negara telah berlangsung dengan baik, khususnya dalam kerangka kerjasama Selatan-Selatan dan Gerakan Non-Blok (GNB) serta saling dukung antara kedua negara baik dalam posisi maupun pencalonan keanggotaan kedua negara pada berbagai organisasi/badan internasional seperti Dewan HAM PBB dan Dewan Keamanan PBB.
 
Hubungan bilateral RI-Kenya memasuki era baru dengan ditandatanganinya MoU Pembentukan Komisi Bersama antara RI dan Kenya oleh Menlu kedua negara pada tanggal 19 Juni 2008 di Nairobi, Kenya. Komisi Bersama merupakan forum untuk memperluas dan memperdalam bidang-bidang kerjasama serta untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh kedua negara di dalam menjalin hubungan bilateral.
 
Sebagai tindak lanjut, Pertemuan Pertama Komisi Bersama RI-Kenya telah dilaksanakan di Jakarta pada 2-4 Desember 2008. Beberapa bidang kerjasama telah diidentifikasi meliputi ekonomi, perdagangan, sosial budaya dan kerjasama teknik. Untuk peningkatan people-to-people contact telah dibahas pula kemungkinan kerjasama pendidikan diplomat, pelatihan anti terorisme, pelatihan bagi pelari jarak jauh Indonesia di Kenya, serta pembukaan perwakilan diplomatik Kenya setingkat Kedutaan Besar di Jakarta. Sampai saat ini, perwakilan Kenya untuk Indonesia dirangkap oleh Kedutaan Besar-nya di Kuala Lumpur, Malaysia.


 



Gambaran Umum Perekonomian Kenya

 giraffe_2438298b small.jpg

Informasi Perjalanan, Pariwisata, dan Akomodasi



 


KBRI Nairobi

static1


ASEAN Charter


static4


static5

running1running2running3running8running9
running10
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
Syarat dan Ketentuan