Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Follow us on Facebook     |       Saran & Kritik     |       

Pelayanan Kekonsuleran

Pembuatan Paspor RI

Pembuatan Paspor RI Baru

DOWNLOAD FORM


Paspor atau Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) adalah dokumen milik negara yang harus dilindungi dan dijaga keberadaannya. Pemegang Paspor / SPRI bertanggung jawab penuh atas Paspor yang dimilikinya. Paspor berlaku untuk masa 5 (lima) tahun sejak tanggal dikeluarkan. Sehubungan dengan hal tersebut, dan demi kepentingan Saudara sendiri, perhatikan dan ikutilah petunjuk berikut di bawah ini.

Paspor RI (SPRI) yang perlu diganti adalah:
  1. Paspor yang masa berlakunya telah mencapai lima tahun sejak tanggal dikeluarkan.
  2.  
  3. Paspor yang habis halamannya.
  4.  
  5. Paspor yang hilang dengan disertai keterangan dari Polisi setempat dan photocopy paspor.
  6.  
  7. Paspor yang mengalami kerusakan.
  8.  

Prosedur dan Persyaratan:
 
1.     Pemohon dapat datang langsung ke Counter Konsuler KJRI Melbourne dengan membawa paspor RI yang lama pada setiap hari kerja (kecuali pada hari libur Indonesia dan Australia) antara jam 09.30am - 01.00pm.
2.     Mengisi Formulir Permohonan Paspor RI secara lengkap dengan huruf cetak, ditempel foto terakhir pemohon dan ditandatangani sendiri oleh pemohon. Tanda tangan harus sesuai dengan yang tertera di paspor, dan tidak boleh atas nama atau diwakilkan kepada orang lain (kecuali anak yang belum dapat menandatangani dokumen).
3.     Membawa fotocopy akte kelahiran dan untuk pengurusan paspor anak menyertakan pula akte pernikahan.
4.     Pas-foto terbaru sebanyak 2 (dua) buah ukuran paspor.
5.     Pembuatan Paspor baru dapat dilakukan paling cepat 6 (enam) bulan atau paling lambat 2 (dua) minggu sebelum habis masa berlakunya.
6.     Proses pembuatan Paspor RI baru memakan waktu minimum 5 (lima) hari kerja, kecuali dalam keadaan tertentu seperti paspor telah lama mati/habis masa berlakunya kekuranglengkapan dokumen dll, proses pembuatan paspor baru tersebut bisa memakan waktu lebih lama.
7.     Membawa fotokopi visa yang masih berlaku. Apabila masa berlaku visa sudah lewat maka perlu menyertakan bukti dari VEVO (Visa Entitlement Verification Online) 
8.     Menyertakan fotokopi Bukti Alamat terbaru apabila Alamat yang tertera di Paspor Berbeda dengan alamat terkini.
9.     Biaya pembuatan Paspor RI sebesar $40. Biaya pembuatan Paspor karena Rusak (Lalai)/Hilang/Habis masa berlaku lebih dari 1 tahun adalah sebesar $80.

Catatan:
  1. Pembayaran biaya jasa di atas hanya dengan menggunakan sistem pembayaran EFTPOS (credit card & ATM), company bank, cheque, money order dan tidak melayani pembayaran dalam bentuk cash.
  2.  
  3. Sejak diberlakukannya paspor RI design baru pada tanggal 1 Mei 2005, maka paspor RI yang baru hanya berupa paspor Individu / Perorangan dan tidak ada lagi pengajuan paspor keluarga dengan demikian tidak diperkenankan lagi pencantuman foto anak pada paspor ibu / ayahnya.
  4.  
  5. Pembuatan paspor RI baru dapat pula menggunakan jasa pos / kurir bagi WNI yang tinggal diluar kota Melbourne dengan menyertakan persyaratan lainnya termasuk paspor lama serta amplop balasan (Registered Post) dan pembayaran berupa money order
  6.  
  7. Proses pembuatan paspor selama 5 (lima) hari kerja terhitung saat diterimanya dokumen tersebut dan tidak termasuk proses pengiriman dan pengembalian kembali kepada pemiliknya.
  8.  


PERHATIAN
Apabila terjadi kerusakan / kehilangan / keterlambatan selama dalam proses pengiriman Paspor melalui Pos bukan menjadi tanggung jawab Bagian Konsuler KJRI Melbourne.  


KJRI Melbourne hanya melayani pembuatan paspor RI kepada Warga Negara Indonesia yang berada di wilayah kerja Victoria dan Tasmania.



Gedung KJRI Melbourne


Facebook


Discover Indonesia

Indonesia Travel


Indonesia Investment Coordinating Board

next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
Syarat dan Ketentuan