Legalisasi Dokumen

LEGALISASI DOKUMEN

  1. Legalisasi adalah pengesahan tanda tangan pejabat atau otoritas yang berwenang yang tertera pada suatu dokumen.
  2. Jenis layanan legalisasi terdiri dari:

  1. Legalisasi Dokumen, yaitu legalisasi pada berbagai jenis dokumen asli (diploma, ijazah, transkrip nilai, paspor, SIM, KTP, Marriage Certificate, Birth Certificate, dan sebagainya)
  2. Legalisasi Dokumen Terjemahan, yaitu legalisasi dokumen-dokumen (Akta Kelahiran, Ijazah, Akta Nikah, Akta Cerai, SIM, KTP, dan lain sebagainya) yang telah diterjemahkan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris atau sebaliknya.

  1. Untuk legalisasi dokumen yang dikeluarkan oleh otoritas Pemerintah Inggris dan atau Irlandia, dokumen harus terlebih dahulu mendapatkan legalisasi dari:

  2. untuk Inggris: Legalisation Office pada the Foreign and Commonwealth Office (FCO); 
    dan untuk Irlandia: Department of Foreign Affairs and Trade of Ireland

    Untuk prosedur legalisasi dimaksud, anda dapat menghubungi:


Di Inggris:
Legalisation Office
Foreign & Commonwealth Office
Hanslope Park, Hanslope, Milton Keynes MK19 7BH
phone: 03700 00 22 44
email : legalisationenquiries@fco.gsi.gov.uk
website : https://www.gov.uk/government/organisations/foreign-commonwealth-office


dan/atau


Di Irlandia:
Authentications and Legalisations
Department of Foreign Affairs
69-71 St. Stephen’s Green Dublin 2
phone: +353 1 408 2174
website: http://www.dfa.ie


  1. Penyampaian dokumen legalisasi dapat dilakukan dengan datang langsung ke KBRI London atau melalui pos.
  2. Waktu proses legalisasi adalah 3 (tiga) - 6 (enam) hari kerja terhitung sejak aplikasi diterima dan dinyatakan lengkap oleh Petugas Konsuler.
  3. Biaya legalisasi:

  1. Legalisasi Dokumen: £15,-
  2. Legalisasi Dokumen Terjemahan: £10,-
  3. Legalisasi Akte Kematian: Gratis

  1. Pembayaran hanya dalam bentuk Postal Order atau Bank Draft kepada Indonesian Embassy atau kartu debit pada saat pengambilan.
  2. Bagi yang menginginkan pengembalian dokumen yang telah dilegalisasi melalui jasa pos, agar disertakan Postal Order atau Bank Draftuntuk pembayaran dokumen dan amplop SPECIAL DELIVERY dengan alamat kembali yang lengkap (termasuk KODE POS).
  3. PERHATIAN: Apabila terjadi kerusakan / kehilangan / keterlambatan selama dalam proses pengiriman dokumen legalisasi oleh Pos bukan menjadi tanggung jawab Bidang Konsuler KBRI London.

  4. KBRI London tidak memberikan jasa penerjemahan dokumen. Terkait dengan hal tersebut, penerjemahan agar dilakukan oleh salah satu dari yang tersebut di bawah ini:

  1. Authorised and Sworn Translator > Dilengkapi dengan Seal/cap resmi sebagai penerjemah.
  2. Certified and Approved Translation Company > Terjemahan diketik diatas kop surat resmi perusahaan dan dicap dengan cap resmi perusahaan disertai dengan surat pengantar.
  3. Unofficial Translator > Terjemahan dilakukan oleh penerjemah yang mempunyai kualifikasi Bahasa Inggris sedikitnya level Profiency atau sejenisnya. Cantumkan tempat, tanggal, nama, alamat lengkap dan tandatangan penerjemah disertai surat pengantar.

  1. Setiap pengiriman permohonan legalisasi untuk terjemahan agar disertai dengan dokumen asli dan 1 (satu) set fotocopy dokumen. Terjemahan diketik rapi dan jelas diatas kertas ukuran A4 dan menyisihkan sedikitnya 8 spasi pada akhir surat untuk ruang cap/stempel Legalisasi KBRI.