Courtesy Call Konsul Jenderal RI Johor Bahru kepada Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan

Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan, Tuanku Muhriz Ibni Almarhum Tuanku Munawir menyampaikan ucapan selamat datang kepada Konsul Jenderal RI dan menyampaikan keinginan untuk meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang. Hal tersebut disampaikan pada kunjungan Kehormatan Konsul Jenderal RI Johor Bahru kepada Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan pada 15 November 2016 di Istana Hinggap, Seremban. Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan menyampaikan pula bahwa budaya Minangkabau masih tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Negeri Sembilan, salah satunya dapat dilihat dari berbagai bangunan yang di Negeri Sembilan yang memiliki desain seperti rumah Minangkabau. Beberapa tradisi juga masih dilaksanakan oleh kelompok-kelompok masyarakat termasuk diantaranya pengaturan alur garis keturunan menurut garis ibu (matrilineal).

Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka dimulainya masa tugas Konsul Jenderal RI, Haris Nugroho, di Johor Bahru dengan wilayah tugas Negeri Johor. Pada kesempatan ini Konsul Jenderal RI didampingi oleh Pelaksana Fungsi Ekonomi, Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya serta Pelaksana Fungsi Protokol 2 KJRI Johor Bahru.

Konsul Jenderal RI secara langsung menyampaikan salam hormat dari Pemerintah dan Rakyat Indonesia serta apresiasi terhadap dukungan dan kerjasama yang terbina baik antara Indonesia dan Malaysia, terutama antara Indonesia dengan Negeri Sembilan. "KJRI Johor Bahru siap untuk meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang antara Negeri Sembilan dan Indonesia" kata Konjen Haris.

Dalam suasana Santai ini, Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan juga menyampaikan bahwa beliau baru saja kembali dari Bali untuk mempelajari mengenai Ecotourism dan diharapkan konsep tersebut dapat diterapkan di Negeri Sembilan.