Promosikan Trade Expo Indonesia 2015, KBRI Islamabad berkunjung ke Peshawar

Pada tanggal 16-18 September 2015, KBRI Islamabad telah melakukan kunjungan kerja ke Kota Peshawar dalam rangka mengembangkan kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Pakistan. Selain mengadakan pertemuan dengan Chambers of Commerce and Industry (KADIN) Khyber Pakhtunkhwa (KPK), KBRI Islamabad juga melakukan sejumlah pertemuan informal dengan tokoh-tokoh berpengaruh di propinsi KPK, antara lain Mr. Afan Aziz, CEO Aziz Group of Industries, Mr. Ghazanfar Bilour, CEO Bilour Group of Companies dan Senator Mohsin Aziz. Selain itu, KUAI RI Islamabad juga telah memenuhi undangan dari Center for Research and Security Studies (CRSS) dalam acara charity show berjudul United for Peace sebagai bentuk solidaritas atas sejumlah tragedi dan aksi terorisme di Peshawar dan FATA, yang dikoordinir oleh Dean of Diplomatic Corps, Dubes Argentina, Ambassador Rodolfo Martin J. Savaria  bersama KADIN KPK.

Sebagaimana dimaklumi, kota Peshawar merupakan ibu kota propinsi KPK dan salah satu kota tertua dan bersejarah di Asia. Secara politis, propinsi KPK merupakan heartland partai opisisi Pemerintah PM Nawaz Sharif, yaitu partai Pakistan Tehreek Inshaf yang diketuai oleh Imran Khan. Propinsi KPK yang memiliki perbatasan dengan Afghanistan juga memiliki peranan strategis dalam pemberantasan terorisme, khususnya setelah peristiwa 9/11. Secara ekonomi, propinsi KPK juga memiliki peranan penting sebagai sumber/ jalur perdagangan barang ke Afghanistan, sumber remittance terebsar Pakistan dari negara-negara teluk dan propinsi yang memiliki sumber daya alam seperti gas dan energi hidro.  

​Pertemuan di KADIN Khyber Paktunkhwa (KPK)

Pada tanggal 18 September 2015, dihadapan sekitar 15 anggota Kadin KPK, Mr. Fuad Ishaq menyampaikan apresiasi kepada KUAI RI Islamabad dan jajaran KBRI Islamabad atas kehadirannya dan menjelaskan berbagai hal, antara lain sebagai berikut:

Menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Dubes RI Islamabad, Burhan Muhammad dan Isterinya

Menjelaskan perbaikan atas situasi dan kondisi keamanan di KPK, khususnya setelah operasi militer dan terbukanya kembali peluang investasi di KPK dan kawasan FATA.

Menyampaikan informasi umum mengenai kota Peshawar dan keunggulannya di berbagai bidang serta sejumlah rencana pembangungan KPK di bidang infrastruktur, energi dan pendidikan   
Mengidentifikasi beberapa sektor potensial di Peshawar yang kiranya dapat diekspor ke Indonesia khususnya di sektor hortikultura seperti buah dan sayuran segar.

Dalam menanggapi sambutan Mr. Fuad Ishaq, KUAI RI Islamabad menyampaikan sambutan dengan pokok-pokok sebagai berikut:

Memberikan apresiasi atas sambutan dan ucapan bela sungkawanya

Menjelaskan perkembangan hubungan ekonomi dan perdagangan Indonesia- Pakistan, khususnya peluang-peluang perdagangan setelah implementasi perjanjian preferensi perdagangan Indonesia-Pakistan.

Mempromosikan pameran perdagangan TEI 2015 dan mengundang Kadin KPK untuk menyusun delegasi dan berpartisipasi pada pameran di Jakarta.

Menyampaikan perkembangan ASEAN Economic Community dan peluangnya bagi Pakistan

Pada akhir pertemuan telah dilakukan sesi tanya jawab dan pertukaran cinderamata. Pertemuan dengan Kadin Peshawar berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat meningkatan minat para pengusaha asal KPK untuk melakukan kunjungan ke Indonesia, khususnya partisipasi pada pameran TEI 2015