Peringatan Hari Ibu ke-81 Tahun 2009 di KBRI Islamabad

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-81 Tahun 2009 ini, KBRI Islamabad menyelenggarakan rangkaian kegiatan yaitu Upacara Bendera dan Perlombaan Membuat Sambal Terasi, Menyusun Resep Masakan dan Membuat Salad bagi Bapak-Bapak Staf KBRI Islamabad, dengan tema : “Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki dalam Pembangunan Nasional”

 

Upacara bendera dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2009, bertempat di Aula Budaya Nusantara KBRI Islamabad  dengan dihadiri oleh seluruh staf KBRI Islamabad, anggota Organisasi Dharma Wanita Persatuan KBRI Islamabad serta masyarakat Indonesia lainnya yang tinggal di Islamabad dan sekitarnya.

 

Duta Besar RI untuk Pakistan Bapak Ishak Latuconsina, M.Sc bertindak selaku Inspektur upacara. Dalam amanatnya, Inspektur Upacara membacakan Sambutan Menteri Negara  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI pada Peringatan Hari Ibu ke-81 Tahun 2009 yang antara lain menyatakan bahwa dewasa ini masih terdapat 4 (empat) bentuk proses diskriminasi terhadap perempuan yaitu masih adanya penolakan terhadap peran perempuan di ruang publik; rendahnya anggaran untuk menghapuskan diskriminasi dan kesenjangan gender; masih rendahnya perhatian untuk memenuhi hak kesehatan reproduksi dan perlindungan kerja; dan maraknya peraturan daerah yang diskriminatif terhadap kaum perempuan yangg membatasi kiprah mereka. Merespon situasi tersebut, diperlukan suatu strategi pembangunan yang bersifat inklusif dan menghormati pluralisme dalam berbagai program dan kebijakan pemerintah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Usai upacara dilanjutkan dengan Perlombaan Membuat Sambal Terasi, Menyusun Resep Masakan dan Membuat Salad yang diikuti Duta Besar RI dan seluruh staf KBRI Islamabad.

 

Suasana perlombaan berlangsung meriah, Bapak-bapak yang kesehariannya disibukan dengan urusan pekerjaan di kantor, harus membuat Sambal Terasi, Menyusun Resep Masakan dan Membuat Salad. Praktis, perlombaan itu menjadi pemandangan yang menarik, gelak tawa dan tepuk tangan mengiringi Bapak-bapak membuat Sambal Terasi, Menyusun Resep Masakan dan Membuat Salad.

 

Para peserta berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik dalam lomba tersebut. Berbagai hiasan tak lupa dirangkaikan dalam hidangan sambal dan salad mereka.