Meriahnya penyelenggaraan Pameran Tenun di KBRI Islamabad

KBRI Islamabad telah menyelenggarakan Pameran Tenun pada tanggal 17 Maret 2017. Kegiatan yang berlangsung di Aula Budaya Nusantara ini merupakan salah satu upaya pencitraan positif Indonesia di luar negeri, upaya people to people contact, pendekatan dan penetrasi budaya Indonesia. Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu tugas KBRI terkait upaya menjalin hubungan baik jalur soft diplomacy di Pakistan. Pameran dilakukan secara joint force antara Fungsi Sosial Budaya dan Darma Wanita Persatuan KBRI Islamabad, serta dukungan penuh Perhimpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Islamabad.

 

Setelah tahun 2016 lalu menampilkan kegiatan Pameran Kuliner Tradisional, kali ini KBRI Islamabad menampilkan Pameran Tenun Tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dengan tema Tenun Indonesian Handwoven: A Unique Art of Cultural Expression.  

 

Dalam sambutannya, Ibu Rita Berlinia Amri antara lain menyampaikan salam hangat dan apresiasi tinggi atas kehadiran para sahabat tercinta baik dari Ministry of Foreign Affais (MOFA), komunitas diplomatik serta institusi lainnya di Pakistan. Kain tenun Indonesia sangatlah beragam jenis dan motifnya yang berbeda dari tiap daerah. Hal ini mencerminkan suatu kreatifitas  dan gaya hidup dari multi-etnis orang Indonesia. Ibu Rita Amri berharap program ini akan menciptakan suatu pengalaman baru, tentang begitu bervariasinya ragam budaya dan seni tenun Indonesia.

 

Pameran Tenun ini juga menampilkan kesenian angklung yang dipelopori oleh Ketua DWP KBRI Islamabad, Ibu Rita Berliana Amri. Penampilan angklung memainkan lagu Indonesia Pusaka, Que Sera-Sera dan La Paloma. Seperti kita ketahui bersama bahwa kesenian angklung telah dimasukkan sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia (The Intangible Heritage) oleh UNESCO. Dalam kesempatan ini KBRI juga menampilkan Tenun Fashion Show yang memperagakan 30 koleksi busana tenun tradisional laki dan perempuan yang sangat beragam dari berbagai daerah seperti tenun khas Batak, Padang, Madura, Sumbawa, dll.

 

Peragaan Busana Tenun dan Tarian Medley Indonesia didukung oleh Tim mahasiswa/i dari Perhimpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Islamabad. Pameran Tenun juga dimeriahkan doorprize dan tebak tepat berhadiah. Kegiatan ini juga menampilkan display aneka kerajinan (handmade) khas tenun seperti, songket, ikat kepala, baju, dompet, rompi, dll, yang mendapat sambutan antusias dari pengunjung. Sebagai penutup acara adalah ramah tamah dan makan siang bersama dengan menu antara lain berupa Tekwan, Nasi Goreng, Sate Ayam dan Jajanan Pasar.

 

Pengunjung yang mayoritas adalah para istri Duta Besar, DCM, beberapa diplomat wanita dari kalangan Diplomatic Missions, beberapa istri pejabat MOFA, Cosala Committee, Pakistan Foreign Women Association (PFOWA) & Islamabad Foreign Women Association (IFWA). Semua pengunjung yang hadir nampak sangat tertarik dan antusias mengikuti acara ini dari awal sampai akhir.