Duta Besar RI dalam “Made in Gujranwala Exhibition”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Duta besar RI untuk Pakistan hadir sebagai “Guest of Honor” pada acara made in Gujranwala Exhibition pada tanggal 21 januari 2010. Pameran tersebut diselenggarakan oleh Gujranwala Chamber of Commerce and Industries (GCCI) bekerjasama dengan Ministry of Industries dan Small Medium Enterprise Development Authority.

 

President GCCI dalam sambutannya menyatakan bahwa tujuan utama dari penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah untuk mempromosikan produk-produk unggulan dari berbagai industri yang ada di Gujranwala mengingat Gujranwala merupaka salah satu pusat industri berorientasi ekspor yang potensial di Pakistan. Terkait dengan perdagangan antara Indonesia dan Pakistan, President GCCI menyampaikan harapannya agar PTA/FTA antara Indonesia-Pakistan dapat segera terealisasi sehingga hubungan perdagangan antara kedua Negara dapat lebih ditingkatkan. Presiden GCCI juga mengharapkan adanya peningkatan pertukaran delegasi pengusaha baik dari Indonesia maupun dari Pakistan.

 

Duta Besar RI untuk Pakistan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada GCCI yang telah mengundang Perwakilan Pemerintah Indonesia pada acara Made in Gujranwala Exhibition. Ditegaskan oleh Duta Besar RI  bahwa Gujranwala sebagai kota terbesar kelima di Pakistan memiliki potensi Industri yang sangat besar dan memberikan kontribusi penting terhadap perekonomian Pakistan secara umum. Duta Besar RI juga menyatakan bahwa kegiatan Made in Gujranwala Exhibition merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan penjajakan hubungan bisnis dengan perusahaan/pengusaha dari negara lain. Terkait dengan hubungan perdagangan antara Indonesia-Pakistan, Duta Besar RI menyatakan harapannya agar hubungan bisnis dan perdagangan antara perusahaan/pengusaha Gujranwala dengan perusahaan/pengusaha Indonesia yang sudah ada selama ini dapat lebih ditingkatkan dimasa-masa yang akan dating. Sehubungan dengan hal tersebut, Duta besar RI akan mendorong para pengusaha dari Indonesia untuk berkunjung ke Gujranwala dan mengharapkan kiranya para pengusaha Gujranwala juga dapat  berkunjung ke Indonesia untuk menjajaki potensi kerjasama dan hubungan bisnis. Dalam kesempatan tersebut, Duta besar RI menyampaikan perkembangan mengenai negoisasi PTA Indonesia – Pakistan. Disampaikan bahwa pada tanggal 28 -29 Desember 2009 telah dilaksanakan pertemuan Ke-6 TNC Indonesia-Pakistan di Bali yang telah menghasilkan sejumlah kesepakatan yang antara lain mengenai pelaksanaan pertemuan ke-7 TNC di Islamabad pada bulan Februari 2010 yang diharapkan dapat menjadi putaran terakhir negoisasi untuk finalisasi PTA Indonesia-Pakistan.

 

Chairman Board of management Gujranwala Business Centre, Mr.Muhammad Ali dalam sambutanya menjelaskan maksud utam pendirian Gujranwala Business Centre (GBC) yakni sebagai sarana promosi dan display bagi produk-produk unggulan industri di Gujranwala, utamanya produk-produk dari industri kecil dan menengah. Dengan diresmikan GBC tersebut, diharapkan para buyer Internationaldapat melihat langsung produk-produk ekspor unggulan industri di Gujranwala dalam satu atap. Terkait dengan hal tersebut, Chaiman Board of Mangement GBC mengharapkan kiranya para pengusaha Indonesia dapat dating ke Gujranwala dan mengunjungi GBC untuk menjajaki kerjasama serta hubungan bisnis.

 

Setelah melakukan pertemuan selama lebih kurang satu jam di kantor GCCI, Duta Besar RI langsung mengunjungi seluruh stan Exibisi  dan berinteraksi langsung dengan seluruh  pengusaha yang memamerkan produk-produk mereka pada saat itu. Kota Gunjrawala adalah salah satu kota industri terbesar di Pakistan yang merupakan bagian dari Propinsi Punjab Pakistan , terletak pada 65 km/40mil sebelah utara Lahore  dimana merupakan bagian pusat industri di propinsi Punjab yang menghasilkan produk –produk Industri berkualitas antara lain Oilseed,jeruk, beras, gandum, sutra tektile, barang pecah belah, plastik olahan, elektrik equipment dan auto industri yang telah di ekspor di berbagai negara[.]