Opening Ceremony Batik Workshop dan Pameran Kaligrafi di Lahore

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Batik Workshop dan Pameran Kaligrafi Indonesia – Pakistan, KBRI Islamabad bekerjasama dengan NAVTEC mengadakan acara Batik Workshop dan Pameran Kaligrafi di Lahore pada tanggal 19-20 Oktober 2009.
 
Sebagaimana telah dilaksanakan di Islamabad, acara opening ceremony Batik Workshop dan Pameran Kaligrafi di Lahore pada tanggal 19 Oktober 2009 dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemerintah Pakistan, kalangan media massa, pelajar dan masyarakat Pakistan di Lahore. Bertindak sebagai Chief Guest pada acara opening ceremony tersebut adalah Mr. Mian Mahboob Ahmed mantan Chief Justice Lahore High Court. Opening ceremony juga dihadairi oleh Executive Direktur NAVTEC, Mr. Attar tahir dan Regional Director NAVTEC serta sejumlah 150 undangan.
 
Duta Besar RI dalam sambutannya kembali menegaskan mengenai pengakuan Batik oleh UNSCO sebagai warisan budaya asli Indonesia. Ditegaskan oleh Duta Besar RI bahwa pengakuan tersebut merupakan suatu capaian penting bagi bangsa Indonesia dan juga merupakan pengakuan masyarakat internasional atas kekayaan budaya Indonesia. 
 
Terkait dengan kegiatan Batik Workshop dan Pameran Kaligrafi Indonesia – Pakistan, Duta Besar RI menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk konkrit dari upaya peningkatan people to people contact serta pengenalan budaya kedua negara. Kegiatan workshop dan pemeran tersebut juga memberikan kesempatan pada para pencinta seni, pelajar dan masyarakat Pakistan di Lahore untuk belajar mengenai pembuatan batik dan kaligrafi langsung dari ahli batik dan kaligrafi Indonesia.
 
Mr. Mian Mahboob Ahmed dalam sambutannya antara lain menegaskan bahwa seni merupakan salah media yang dapat mendekatkan masyarakat dari berbagai latar belakang budaya. Disampaikan bahwa Indonesia dan Pakistan adalah negara yang menjunjung tinggi perdamaian, namun demikian pada saat ini Pakistan sedang dihadapkan pada ancaman terorisme.
Terkait dengan kegiatan Batik Workshop dan Pameran Kaligrafi Indonesia – Pakistan yang diselenggarakan antas kerjasama antara KBRI Islamabad dan NAVTEC, Mr. Mian menyambut baik acara dimaksud karena dapat mendorong masyarakat kedua negara untuk saling mengenal dan memahami kekayaan budaya masing-masing negara. Selain itu, Mr. Mian juga  mendukung kerjasama yang dilakukan antar KBRI dengan NAVTEC dan mengharapkan kerjasama tersebut dapat dibina dan dikembangkan dimasa-masa yang akan.
 
Sebagaimana telah dilaksanakan di Islamabad, pada hari kedua acara Batik Workshop dan Pameran Kaligrafi di Lahore juga diselenggarakan demo pembuatan batik dan kaligrafi yang diikuti oleh sekitar 100 orang peserta dari berbagai kalangan baik pelajar, mahasiswa maupun masyarakat Lahore. Di akhir demo pembuatan batik dan kaligrafi tersebut, masing-masing peserta mendapatkan sertifikat yang diserahkan langsung oleh Duta Besar RI untuk Pakistan.
 
Acara opening ceremony Batik Workshop dan Pameran Kaligrafi Indonesia – Pakistan mendapat peliputan dari berbagai media massa setempat baik cetak maupun elektronik. 
 
Pelaksanaan acara Batik Workshop dan Kaligrafi di Lahore telah berjalan dengan sukses. Salah satu catatan penting dari acara di Lahore adalah adanya antusias dan partisipasi yang tinggi dari para pelajar dan masyarakat Lahore terhadap kegiatan workshop dan pameran. Sebagaimana diketahui bahwa Lahore merupakan salah satu pusat kesenian dan kebudayaan di Pakistan dan masyarakat Lahore terkenal cukup terbuka dan mempunyai apresiasi yang tinggi terhadap kebudayaan asing. 
 
Hal lain yang juga penting dari kegiatan Batik Workshop dan Pameran Kaligrafi tersebut adalah kerjasama yang sangat baik yang ditunjukan oleh  pihak NAVTEC dalam membantu persiapan dan juga dalam hal kelancaran jalannya acara.