Pelayanan Pengaduan Masyarakat

 10/25/2010

Sebagai bagian dari proses benah diri Kementerian Luar Negeri untuk mewujudkan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Inspektorat Jenderal berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan pengaduan ketidakpuasan terhadap kinerja dan pelayanan yang diberikan oleh Kementerian Luar Negeri.

Inspektorat Jenderal sebagai Aparat Pengawas Internal berperan aktif melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan terhadap Satuan Kerja di Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI di luar negeri. Selain melakukan pembinaan dan sosialisasi peraturan, Inspektorat Jenderal juga bertanggungjawab untuk melakukan proses terhadap dugaan pelanggaran terhadap peraturan/ketentuan pemerintahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

            Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik pasal 3 berbunyi, tujuan undang-undang tentang pelayanan publik adalah:

a.      Terwujudnya batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban, dan kewenangan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik;

b.      Terwujudnya sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang layak sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik;

c.      Terpenuhinya penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan; dan

d.      Terwujudnya perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Berdasarkan hal tersebut, Inspektorat Jenderal mengundang para masyarakat yang ingin menyampaikan ketidakpuasannya melalui surat elektronik yang disediakan. Adapun laporan yang diberikan sebaiknya berupa keterangan yang disertai barang bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.

Hubungi kami pada e-mail : pengaduan.itjen@kemlu.go.id