Lowongan pekerjaan sebagai Director CGIAR Research Program on Forest, Trees, and Agroforestry (FTA) dan Research Specialist

 

Laman resmi organisasi Center  for International Forestry Research (CIFOR) menyampaikan informasi tentang adanya lowongan pekerjaan sebagai Director CGIAR Research Program on Forest, Trees, and Agroforestry (FTA) dan Research Specialist-Quantitative Methods pada Sekretariat CIFOR yang berlokasi di Bogor. Proses seleksi untuk mengisi posisi Director tersebut terbuka bagi seluruh warga negara dari negara-negara anggota CIFOR (international position). Sedangkan posisi Research Specialist tersebut merupakan posisi yang dikhususkan untuk Warga Negara Indonesia (national position).

Proses pendaftaran dilakukan secara online di laman resmi CIFOR tepatnya di bagian kolom work with us. Dalam online recruitment system tersebut, pelamar akan diminta memasukkan informasi data pribadi, latar belakang pendidikan, riwayat pekerjaan, dan bukti kecakapan bahasa. Pelamar juga diminta untuk mengunggah resume/cover letter dan cover letter dalam bahasa Inggris serta format pdf.

Tenggat waktu untuk lowongan posisi Director adalah 15 Maret 2016 sementara penerimaan aplikasi lamaran posisi Research Specialist akan ditutup pada 29 Februari 2016. Bagi para pelamar diharapkan untuk dapat mengirimkan email pemberitahuan pelamaran ke alamat jhendra.samodra@kemlu.go.id untuk keperluan koordinasi kami dengan unit yang menangani isu CIFOR.

Posisi Director CGIAR Research Program on Forest, Trees, and Agroforestry (FTA) tersebut merupakan bagian dari management group CIFOR dan akan memimpin upaya riset CGIAR di bidang kehutanan, pepohonan dan pengelolaan kehutanan. Posisi ini memiliki tanggung jawab antara lain sebagai berikut:

  1. Memimpin CGIAR FTA dan membangun visi bersama CIFOR untuk agenda FTA;
  2. Mengawasi dan mendukung kinerja FTA Theme Leaders serta memfasilitasi penyampaian hasil riset FTA;
  3. Mengkoordinasikan rencana kerja, anggaran, pelaporan, pengawasan dan evaluasi FTA, serta menjalin hubungan kerja yang produktif  dengan Konsorsium CGIAR dan institusi CGIAR yang lain.


    Untuk mengisi posisi Director FTA ini, diperlukan kualifikasi sebagai berikut:
  1. Minimal S3 (PhD/Doktor) di bidang yang relevan dengan kerja CIFOR;
  2. Memiliki pemahaman mengenai agenda riset, kebijakan dan praktik FTA;
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang sangat baik secara tertulis dan verbal. Kemampuan bahasa asing lainnya akan menjadi nilai tambah;
  4. Pengalaman kerja dan pemahaman mengenai kinerja CGIAR


    Sedangkan, posisi Research Specialist memiliki tugas-tugas sebagai berikut:
  1. Mengembangkan standar dan praktek kerja terkait pengumpulan data kuantitatif;
  2. Menyelenggarakan kajian dan analisa kuantitatif; dan
  3. Memeriksa analisa kuantitatif ilmuwan CIFOR lainnya.
     
    Persyaratan untuk mengisi posisi Research Specialist adalah sebagai berikut:
  1. Lulusan S2 (Master) di bidang ekonomi, statistik, dan ilmu sosial lain yang banyak menggunakan metode kuantitatif;
  2. Minimal 5 (lima) tahun pengalaman dalam riset;
  3. Memiliki kemampuan analisa dan riset kuantitatif yang tinggi;
  4. Mampu menggunakan software statistik (SPSS, Stata, R) dengan baik;
  5. Lebih disukai jika memiliki 3 (tiga) tahun pengalaman kerja di Organisasi Internasional; dan
  6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.


    Adapun informasi lebih rinci mengenai proses aplikasi pendaftaran dan kualifikasi yang dibutuhkan dapat juga diakses secara online melalui tautan http://www.cifor.org/careers/.