Kunjungan H.E. Mr. Tang Jiaxuan sebagai Special Envoy dari Presiden RRC, H.E. Mr. Hu Jintao ke Indonesia

11/5/2004

No. 70/PR/XI/2004

1.State Councillor of the State Republik Rakyat China, H.E. Mr. Tang Jiaxuan telah diutus sebagai Special Envoy dari Presiden RRC, H.E. Mr. Hu Jintao untuk berkunjung ke Indonesia pada tanggal 4-6 November 2004.

2.Pada kunjungan ini, State Councillor Tang telah melakukan kunjungan kehormatan dan pertemuan dengan Presiden RI, Wakil Presiden RI, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, serta Menteri Luar Negeri RI.

3.Dalam kunjungan kehormatan ke Presiden RI, State Councillor Tang menyampaikan surat dari Presiden RRC yang berisi ucapan selamat atas terpilihnya Dr. Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI dan mengundang Presiden RI untuk berkunjung ke RRC pada tahun 2005 dalam rangka peringatan 55 tahun hubungan diplomatik Indonesia – China. Selain itu, juga diperbincangkan hubungan bilateral kedua negara saat ini dan upaya peningkatan hubungan baik yang ada dalam bentuk kemitraan strategis.

4.Selanjutnya dalam pertemuan State Councillor Tang dengan Menteri Luar Negeri RI, kedua pejabat juga membicarakan hubungan bilateral kedua negara saat ini, arah hubungan di masa depan, dan kesamaan pandangan kebijakan luar negeri Indonesia dan China.
 
5.Setelah pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri RI, kedua pejabat juga menyaksikan acara penandatangan Memorandum of Understanding on Grant Assistance in Relation to Economic and Technical Cooperation between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the People’s Republic of China dan Buyer Credit Loan Agreement antara the Export and Import Bank of China dan Departemen Keuangan Republik Indonesia mengenai pembiayaan Proyek Jemabatan Suramadu.


Jakarta,  5 November 2004