Undangan <i> ASEM Interfaith Cultural Photography Contest </i>

12/29/2009

 

Salah satu kegiatan yang mendapatkan perhatian yang besar dari komunitas internasional dalam kerangka kerjasama ASEM (Asia-Europe Meeting) adalah dialog lintas agama ASEM (ASEM Interfaith Dialogue/IFD). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan pemahaman yang lebih besar antar berbagai pemeluk agama dan kepercayaan. Dalam mempromosikan saling pengertian antar kelompok-kelompok tersebut, ASEM IFD mendorong dialog intensif dengan tema-tema yang progresif di antara peserta dari berbagai kalangan, termasuk kalangan akademisi, pemerintah dan komunitas-komunitas religius. Berbagai ide yang berhubungan dengan hal-hal tersebut telah diterjemahkan melalui penyelenggaraan ASEM IFD1 di Bali (2005), ASEM IFD2 di Larnaca (2006), ASEM IFD3 di Nanjing (2007), ASEM IFD4 di Amsterdam (2008), dan yang terakhir, ASEM IFD5 di Seoul (2009).

 

Kegiatan ASEM IFD telah mendorong para pemuda untuk membangun dasar yang kuat bagi promosi IFD, toleransi dan kehidupan harmonis antar berbagai kelompok. Pada ASEM IFD 5, di Seoul, Oktober 2009, dicatat bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan harus didorong untuk menjangkau khalayak seluas mungkin di semua kalangan dan tingkatan. Untuk itu, Thailand berinisiatif untuk menyelenggarakan ASEM Interfaith Cultural Photography Contest, November 2009 – Februari 2010. Kegiatan yang bertemakan “Yes, We Believe in the Interfaith Dialogue diharapkan dapat mempromosikan kesan-kesan terhadap interfaith dialogue yang terekam  melalui kamera masyarakat negara anggota ASEM.

 

Guna memastikan penyebaran secara luas, foto-foto yang dikirim oleh para peserta akan ditampilkan pada sebuah Pameran di Bangkok Art and Culture Centre. Selain itu, foto tersebut juga akan ditampilkan pada situs resmi www.we-ifd.org untuk aksesibilitas yang lebih luas.

 

Kriteria Penyerahan Hasil Karya

 

Sebuah panel yang terdiri dari para ahli IFD, fotografer profesional dan wakil-wakil dari negara anggota ASEM akan mempertimbangkan, menilai, dan menentukan lima pemenang. Penilaian akan didasarkan pada kreativitas dan teknik fotografi berdasarkan tema Kontes “Yes, We Believe in the Interfaith Dialogue”. Foto-foto tersebut dapat menggambarkan, sebagai contoh:

 

- Orang-orang dari keyakinan yang berbeda   interaksi          dalam kehidupan sehari-hari mereka secara harmonis.

- Festival-festival dari suatu keyakinan yang dihadiri oleh semua orang, terlepas dari kepercayaan mereka.

- Situs keagamaan yang terletak di daerah di mana para pengikut agama tersebut merupakan minoritas, namun tetap dapat menikmati hak-hak mereka untuk menjalankan agama mereka secara bebas.

 

Contoh tersebut di atas adalah pedoman dan fotografer bebas menginterpretasikan tema sehingga panitia menerima berbagai foto dengan cakupan yang seluas mungkin. Namun demikian, foto-foto tersebut tidak boleh menampilkan unsur-unsur pornografis ataupun kekerasan.

 

Foto-foto harus diserahkan dalam format JPEG dengan resolusi setidaknya 300 DPI, paling lambat tanggal 6 Januari 2010. Panitia akan memastikan bahwa proses pencetakan foto yang berkualitas tinggi akan digunakan untuk membuat cetakan untuk panitia penilai, tetapi harap dicatat bahwa penyelenggara tidak bertanggung jawab jika hasil akhir cetak tidak sesuai dengan harapan kontestan.

 

Para pemenang pertama, kedua dan ketiga masing-masing akan menerima hadiah sebesar 1.000 Euro, 500 Euro dan 250 Euro. Dua penghargaan tambahan juga akan diberikan. Kelima pemenang tersebut akan dikirim ke Thailand untuk Upacara Penghargaan dan Upacara Pembukaan Pameran. Mereka akan mengunjungi dan melakukan pemotretan terhadap berbagai situs keagamaan dan kebudayaan di Bangkok dan di Ayudhaya pada tanggal 1-4 Februari 2010. Foto-foto yang diambil selama perjalanan tersebut akan ditampilkan pada website resmi kegiatan.

 

Thailand selaku penyelenggara ASEM Interfaith Cultural Photography Contest mengundang masing-masing negara anggota ASEM untuk mencalonkan hingga sepuluh peserta kepada Kementerian Luar Negeri Thailand. Bagi para pihak yang berminat diharapkan dapat segera mendaftarkan diri dan menyampaikan hasil karyanya kepada contact point Deplu sbb:

 

Yudho Priambudi Asruchin

(ASEM Desk Indonesia)

Dit. Kerjasama Intra Kawasan Amerika dan Eropa

e-mail: kikamerop@gmail.com

telp: 021-3812778; fax: 021-3813142