Acara Pemilihan Duta Muda ASEAN – Indonesia 2009

12/10/2009

 
Selama lebih dari 40 tahun ASEAN telah berkiprah sebagai organisasi di kawasan Asia Tenggara, dan dipandang sebagai salah satu organisasi regional yang paling berhasil di dunia.
 
Sejak didirikan pada tahun 1967, ASEAN telah berhasil memelihara stabilitas dalam kawasan, bahkan telah mengembangkan kerjasama dalam berbagai bidang disamping politik dan keamanan. Pada tahun 2003, para pemimpin ASEAN sepakat untuk mempertegas keberhasilan yang telah dicapai dengan mencanangkan pembentukan komunitas ASEAN 2020, yang kemudian dipercepat target pencapaiannya menjadi 2015.
 
Komunitas ASEAN yang terdiri dari 3 pilar: politik keamanan, ekonomi, dan sosial budaya, bertujuan untuk memelihara perdamaian dan stabilitas kawasan, integrasi ekonomi, serta saling peduli dan berbagi di antara sesama masyarakat ASEAN.
 
ASEAN akan terus berkiprah di masa depan, dan Indonesia akan terus duduk di belakang setir kendali. Kaum muda Indonesia diharapkan akan memegang peran penting dalam kiprah ASEAN, menjadi pemimpin dan pembuat keputusan yang senantiasa mengusung kepentingan nasional Indonesia dalam ASEAN dan berbagai forum internasional lainnya.
 
Pemilihan Duta Muda ASEAN-Indonesia (PDMAI) dimaksudkan untuk mencari sosok pemuda dan pemudi berprestasi yang memiliki wawasan kebangsaan dan mengenal benar budaya Indonesia. PDMAI adalah acara dua tahunan, dengan tujuan agar para Duta Muda ASEAN yang terpilih memiliki cukup waktu untuk melakukan kegiatan konkret bagi Indonesia dan ASEAN.
 
PDMAI pertama kali diadakan tahun 2007, dan tahun ini adalah kali kedua kegiatan ini dilakukan, dengan mengusung tema “The Spirit of Youth and Transformation of ASEAN” yang mencerminkan semangat pemuda untuk bersama-sama mentransformasikan ASEAN menjadi organisasi yang people-centered.
 
Kegiatan yang merupakan inisiatif Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Departemen Luar Negeri, yang memperoleh dukungan dari Kemenegpora, Depdiknas, Depbudpar, Sekretariat ASEAN, dan sektor swasta terkait, merupakan ajang kompetisi nasional untuk memilih 10 orang finalis. Sepasang pemenang akan dipilih melalui berbagai fase,  namun kesepuluh pasang finalis berhak menyandang gelar Duta Muda ASEAN-Indonesia.
 
Fase Promosi dan Pendaftaran dimulai pada bulan Februari hingga Juli, diikuti dengan Fase Seleksi dan Roadshow pada bulan Agustus hingga Oktober. Karantina dan Penobatan yang dilakukan pada acara puncak Grand Final PDMAI dilaksanakan  pada tanggal 12 Desember 2009.   Kesepuluh Finalis Duta Muda dapat dilihat pada halaman berikut Klik Disini
 
Para Duta Muda ASEAN-Indonesia terpilih akan terlibat dalam berbagai kegiatan dan forum dalam dan luar negeri. Peran mereka sebagai duta diharapkan dapat mendekatkan ASEAN kepada generasi muda tanah air secara lebih luas; mempromosikan Indonesia dan ASEAN kepada masyarakat luas melalui berbagai kegiatan kepemudaan di dalam dan luar negeri; menjalin persahabatan dan kerjasama dengan sesama pemuda di ASEAN dan negara-negara sahabat lainnya; dan menjadi Duta Indonesia dan Duta ASEAN sekaligus Duta Deplu dalam berbagai kegiatan kepemudaan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  
Hampir seribu pemuda pemudi dari seluruh Indonesia tercatat berpartisipasi dalam PDMAI 2009 ini.  Dari jumlah tersebut telah terpilih 10 pasang finalis yang akan berlaga pada Grand Final yang akan digelar pada hari Sabtu, 12 Desember 2009 bertempat di Studio Utama TVRI Senayan Jakarta. Menurut rencana acara ini akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri RI, para Permanent Representatives ASEAN, wakil-wakil instansi terkait dan tamu undangan lain.  
 
Acara ini turut didukung oleh :
Departemenen Komunikasi dan Informatika, Sekretariat ASEAN, TVRI, BP Migas, PT. Abascus Distributin Systems Indonesia, PAN Travel, Laser Travel, Wanua Travel, Kintamani Travel, Anugerah Travel, Shilla Travel, PT. Advinsindo Artistika (DDB), Hard Rock FM, Kiss FM,Rumah Pesona Kain, London School of Public Relation, Allure, Taman Sari, Mustika Ratu, Garuda Indonesia, markplus, Pacto Convex, Himpunan pengusaha Muda Indonesia