Perusahaan Kopi CAFEA GmbH Hamburg Raih Primaduta Award 2014

 PortalKEMLU.Webparts - ShareSocialMedia

Hamburg - Atas kontribusi terhadap kerja sama dan pengembangan kopi di Indonesia, Pemri menganugerahkan penghargaan Primaduta Award 2014 kepada perusahaan kopi CAFEA GmbH Hamburg. Pemberian penghargaan Primaduta Award dari Kementerian Perdagangan tersebut dimaksudkan sebagai upaya untuk terus meningkatkan kerjasama antara pelaku bisnis dengan Indonesia.

Primaduta Award 2014 diserahkan oleh Dubes RI Berlin, Fauzi Bowo, didampingi oleh Konjen RI Hamburg, Sylvia Arifin, Atase Perdagangan KBRI Berlin, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Hamburg dan Fungsi Ekonomi KJRI Hamburg serta KBRI Berlin, di kantor CAFEA GmbH Hamburg (31/7). Penghargaan diberikan kepada Mr. Jan Beernd Rothfos, didampingi oleh jajaran direksi perusahaan.
 
Dalam sambutannya, Dubes RI Berlin menyampaikan apresiasi terhadap CAFEA GmbH Hamburg, salah satu mitra penting dalam perdagangan kopi dengan Indonesia. Jerman menempati posisi ke-3 terbesar dunia untuk perdagangan kopi sehingga perdagangan kopi antara pelaku bisnis telah memberikan kontribusi penting bagi peningkatan kesejahteraan kalangan menengah di Indonesia.
 
Mr. Rothfos menyampaikan rasa puasnya atas kerjasama yang telah berlangsung selama ini dengan Indonesia dan mengharapkan Indonesia dapat terus memproduksi kopi yang berkualitas. Dubes RI Berlin menanggapi dengan menyatakan bahwa Indonesia dengan seluruh jajaran kementerian terkait telah berkomitmen untuk mengembangkan sistem pertanian kopi yang berkelanjutan (sustainable coffee) dan mengharapkan kerjasama dengan CAFEA GmbH untuk hal tersebut.
 
Sebagai catatan, keunggulan produk kopi Indonesia telah lama mendapat pengakuan dari para pengusaha kopi Eropa termasuk Jerman yang merupakan bangsa peminum kopi. CAFEA GmbH, perusahaan kopi di Hamburg, Jerman Utara merupakan salah satu saksi keberlangsungan hubungan dagang antara Indonesia-Jerman untuk produk bijih kopi asal Indonesia.
 
Didirikan sejak tahun 1956, CAFEA GmbH telah menjadi mitra dagang Indonesia sejak tahun 1980-an dalam mengimpor bijih kopi Indonesia, khususnya untuk jenis kopi robusta. Sekitar 3-4 persen dari total produksi kopi Indonesia diimpor oleh CAFEA GmbH yang menjadi salah satu pintu masuk kopi Indonesia ke Jerman dan Eropa serta negara-negara lain.
 
Sebagaimana umumnya perusahaan-perusahaan besar di Hamburg, CAFEA GmbH merupakan perusahaan keluarga yang saat ini telah menjadi salah satu industri kopi penting di dunia. Hubungan dagang antara Indonesia dengan CAFEA GmbH menjadi semakin strategis mengingat Hamburg merupakan kota perdagangan kopi terbesar di Eropa. Di Hamburg, kopi merupakan jenis minuman yang sangat diminati dan dihargai oleh para konsumen, khususnya karena dinilai sebagai minuman yang berasal dari produk alam.
 
Dalam hal ini, permintaan terhadap jenis minuman green coffee juga terus berkembang dan menguasai 65 persen perdagangan kopi internasional.
 
Selain memiliki kantor di Berlin, CAFEA GmbH di Hamburg menempati posisi yang juga penting mengingat sebanyak 60 persen penelitian produk kopinya dilakukan di Hamburg.
 
(Sumber: KJRI Hamburg/VRH)​