Menyongsong Tahun Baru 2013 Dengan Pakaian Etnis

Pada malam pergantian tahun, 31 Desember 2012, masyarakat Indonesia di Tashkent berkumpul di KBRI Tashkent sejak pukul 21.30 guna melepas tahun 2012 bersama seluruh keluarga. Perayaan tahun baru dimulai dengan menyaksikan langsung detik-detik memasuki tahun baru di Jakarta melalui siaran live TV Indonesia yang berlangsung dua jam lebih awal dari waktu Uzbekistan.

Suasana gathering menjadi lebih semarak oleh hadirnya para Ibu dan remaja putri yang mengenakan baju khas Uzbek dengan berbagai warna mencolok didampingi oleh bodygard lengkap dengan pakaiannya a-la cowboy. Memang demikianlah dress-code yang disepakati bersama dalam menyongsong tahun baru 2013.

Acara kumpul masyarakat Indonesia di Tashkent pada penghujung tahun 2012 tersebut terasa lebih guyub dan penuh kekeluargaan dengan menghadirkan semua anggota keluarga termasuk anak-anak serta pengaturan konsumsi secara potluck, yaitu setiap keluarga membawa makanan masing-masing untuk dinikmati bersama.

Untuk menambah kemeriahan, panitia memulai acara dengan berbagai permainan seperti memasukkan pensil ke dalam botol, berpasangan memegang balon di kening, rebutan kursi dengan iringan lagu serta kuis. Acara dilanjutkan dengan foto-foto kaleidioskop kegiatan KBRI Tashkent selama tahun 2012 dan tukar kado.

Dubes RI, Mohamad Asruchin dalam sambutannya pada acara tersebut menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada semua staf KBRI Tashkent dan masyarakat Indonesia di Uzbekistan atas dedikasi dan dukungan bagi pencapaian misi KBRI Tashkent tahun 2012.

Dalam memasuki tahun baru, Dubes RI mengajak seluruh hadirin untuk melakukan evaluasi dan introspeksi diri terhadap peristiwa yang baru berlalu sambil menetapkan resolusi untuk tahun yang akan datang.

Beliau juga mengarisbawahi pentingnya meningkatkan kinerja yang dilandasi komitmen dan semangat kuat guna menghadapi tantangan tahun 2013. Ditegaskannya bahwa tahun depan kita harus menjadi lebih baik dari tahun yang baru ditinggalkan.

Perayaan menyambut tahun baru dipuncaki dengan melakukan hitungan mundur bersama-sama tepat pada pukul 23:59:50 yang dilanjutkan dengan saling mengucapkan selamat tahun baru 2013 diantara semua masyarakat Indonesia yang hadir.

Kumpul bersama seluruh keluarga sambil menyaksikan secara live malam pergantian tahun di Jakarta semacam ini memiliki makna tersendiri sebagai obat penawar rindu kehidupan di tanah air bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di negeri seberang.