ASEAN - India Commemorative Summit 2012

Pada tanggal 19 Desember 2012 pukul 16:00ws, Presiden RI beserta rombongan tiba di Air Force Palam, New Delhi untuk menghadiri kegiatan ASEAN – India Commemorative Summit 2013. Duta Besar LBBP RI Rizali W. Indrakesuma, jajaran Home Staff KBRI New Delhi, dan Pejabat Kemlu India serta tim media baik lokal maupun internasional turut menyambut kedatangan Presiden RI bersama rombongan.

 

Kegitan ASEAN – India Commemorative Summit di New Delhi diselenggarakan selama dua hari yakni tanggal 20 hingga 21 Desember 2012. Summit yang dihadiri oleh 10 Kepala Negara Anggota ASEAN kali ini bertemakan ASEAN-India Partnership for Peace and Shared Prosperity.

 

ASEAN – India Commemorative Summit kali ini menitik beratkan beberapa poin penting antara lain dukungan penuh Kepala Negara Anggota ASEAN perihal konektivitas regional untuk mendorong terlaksananya road connectivity project yang menyambungkan jalur wilayah Timur Laut India dengan negara-negara Asia Tenggara. Terkait hal tersebut, PM India, Dr. Manmohan Singh mengharapkan penyelesaian lebih awal terhadap dua proyek pembangunan jalur penting termasuk Trilateral Highway Project yang menghubungkan India – Myanmar – Thailand dan pengembangan jalur tersebut lebih jauh lagi. Presiden RI, Dr. Susilo Bambang Yudhoyono dalam hal ini mengusulkan untuk segera dilakukan pertemuan para Menteri Transportasi untuk segera merampungkan Master Plan proyek yang telah direncanakan.

 

Selain itu, Free Trade Agreement (FTA) dalam bidang pelayanan dan investasi antara Pemerintah India dan negara anggota ASEAN menjadi salah satu tema penting yang dibahas pada ASEAN – India Commemorative Summit. Seperti yang diberitakan bahwa nilai perdagangan ASEAN – India telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni mencapai 22 persen sejak enam tahun terakhir. Sejak ditandatanganinya perjanjian dalam sektor barang-barang pada tahun 2009 nilai perdagangan selama tahun 2011 – 2012 meningkat sekitar lebih dari 37 persen. Selain itu, juga disepakati nilai perdagangan sebesar $ 100 Milyar pada tahun 2015 mendatang.

 

Presiden RI bersama rombongan kembali ke tanah air pada tanggal 20 Desember 2012 pukul 24:00ws. Seperti pada saat penyambutan, Duta Besar LBBP RI, Rizali W. Indrakesuma, jajaran Home Staff dan Pejabat Kemlu India serta tim media turut mengiringi kepulangan Presiden RI bersama rombongan ke tanah air.