PRESS RELEASE

5/15/2017

​​​​​​​​​​​​

PRESS RELEASE
THE CONSULATE OF THE REPUBLIC INDONESIA- HONG KONG SAR
127-129 Leighton Road, Causeway Bay-Hong Kong

Tel: (+852)36510200 Fax: (+852)28950139

email: info@cgrihk.com

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------​

15 May 2017

PENCABUTAN TANDA DAFTAR TERHAADP 21 AGEN TIDAK AKTIF

DAN PERINGATAN TERTULIS TERHADAP 3 AGEN

Press Release doc.jpg )                                       ( Penjatuhan Sangsi Agen Tidak Aktif.pdf )




11 April 2017

​PENYERAHAN BUSINESS ACCREDITATION CRETIFICATE (BAC) KEPADA 28 (DUA PULUH DELAPAN) AGEN PENEMPATAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI HONGKONG

( Bhs Indonesia.pdf ) ( in English.pdf )

Daftar Agen Terakreditasi KJRI Hong Kong sampai dengan 11 April 2017.pdf )


16 Februari 2017

KEPUTUSAN KEPALA PERWAKILAN REPUBLIK INDONESIA 

NOMOR : 007/II/2017

TENTANG

KODE ETIK AGEN PENEMPARAN TENAGA KERJA INDONEISA DI HONGKONG

KODE ETIK Press Realease.pdf

SK KODE ETIK PENEMPATAN TENAGA KERJA INDONESIA DI HONGKONG.pdf

Code of Conduct for Employment Agencies of the Indonesian Migrant Workers in Hong Kong.pdf


​15 Februari 2017

Tingkatkan Investasi di Bidang Migas, KJRI Hong Kong dan SKK Migas

Selenggarakan Sharing Session​

20170215 Draft Press Release Sharing Session SKK Migas.docx


11 Januari 2017

KJRI BERIKAN LEGALISASI KONTRAK MANDIRI PERTAMA 

BAGI BURUH MIGRAN INDONESIA DI HONG KONG

Kurang lebih dari 10 (sepuluh) hari sejak diberlakukannya perpanjangan kontrak kerja Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong dengan majikan yang sama secara mandiri ( baca selengkapnya )



29 Desember 2016

100 HARI (PLUS) KERJA KONJEN RI HONG KONG

​            Sejak hadir di Hong Kong kurang lebih 100 (plus) hari yang lalu, Konjen RI Hong Kong telah berupaya menjawab tantangan perlindungan WNI dan pelayanan publik dengan berbagai terobosan. Melalui serangkaian dialog intensif dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia, Hong Kong dan Macau (Pemerintah, LSM, swasta, media, mahasiswa, perwakilan konsulat asing), kini publik melihat dan merasakan hal-hal baru di KJRI Hong Kong. ( baca selanjutnya )


14 Desember 2016

Advisory Briefing Konjen RI Hong Kong dengan pihak Media terkait Peluncuran Mekanisme Perpanjangan Kontrak Kerja bagi Pekerja Migran Indonesia dengan Majikan yang Sama tanpa Melalui Agensi ("Kontrak Mandiri"), Rabu 14 Desember 2016"

1. Pada hari ini, Konsul Jenderal RI, Tri Tharyat mengumumkan pemberlakuan mekanisme perpanjangan kontrak kerja baru antara Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong dengan majikan yang sama secara mandiri tanpa melalui agen dan PPTKIS (“kontrak kerja mandiri”) mulai tanggal 1 Januari 2017. ( baca selengkapnya )


4 Juli 2016

WNI DI ARAB SAUDI DIMINTA TENANG, WASPADA DAN JAGA KEAMANAN PRIBADI

     ​           Jakarta - Pada Senin, 4 Juli 2016 telah terjadi serangan bom di 3 kota berbeda di Arab Saudi, yaitu Jeddah (pukul 03.40), Al Qotif (pukul 19.05) dan Madinah Al Munawarah (Pukul 20.10).
 ( baca selengkapnya )

PERNYATAAN KJRI HONG KONG TERKAIT KOREKSI DATA PASPOR

            Terkait dengan perkembangan terkini seputar koreksi data paspor, KJRI Hong Kong sebagai perwujudan kehadiran Pemerintah Indonesia di wilayah akreditasi Hong Kong dan Macau memandang perlu untuk menyampaikan informasi dan upaya elaborative dari KJRI Hong Kong guna menyikapi hal ini. ( baca selengkapnya )


Rabu, 15 Juni 2016

PERTEMUAN MENLU RI DAN MENKUMHAM RI DENGAN CHIEF EXECUTIVE PERKUAT KOMITMEN KERJA SAMA 

RI - HONG KONG 

            Menteri Luar Negeri RI, Ibu Retno L.P Marsudi dan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia RI, Bapak Yassona H Laoly melakukan kunjungan resmi ke Hong Kong dari tanggal 15-16 Juni 2016 untuk bertemu dengan pemangku kebijakan tertinggi ( baca selengkapnya )

Jum'at. 27 Oktober 2016


LAYANAN TUJUH BAHASA DALAM PELAPORAN KEPADA KEPOLISIAN HONG KONG


Mulai tanggal 1 November 2016, Kepolisian Kawasan Barat Kowloon akan meluncurkan layanan Translink: layanan jasa penterjemah pelaporan dari masyarakat yang non-etnis Tionghoa kepada kepolisian di semua ruangan pelaporan Kantor Kepolisian di kawasan Hong Kong. Layanan jasa penterjemah tersebut akan disediakan dalam 7 Bahasa, diantaranya Bahasa Indonesia, Hindi, Nepali, Punjabi, Tagalog, Thai dan Urdu. ( baca selengkapnya )

31 Oktober 2016

KJRI Hong Kong Dorong Pengaturan

Exterior Window Cleaning oleh Domestic Helper Di Hong Kong

Menanggapi situasi tidak menguntungkan pasca jatuhnya korban pekerja migran akibat tugas pembersihan jendela luar, KJRI Hong Kong telah melakukan rangkaian  pertemuan dengan Konsulat Jenderal Filipina, Departemen Ketenagakerjaan Hong Kong, dan Asosiasi Agensi Hong Kong untuk membahas perihal pelarangan Domestic Helper (DH) melakukan kegiatan dimaksud.

Berbagai pertemuan di atas dilakukan dalam berbagai tingkatan, termasuk pembicaraan per telepon langsung antara Konjen RI HK dengan Mr. Carlson Chan, Komisioner Departemen Ketenagakerjaan Hong Kong. Pertemuan di Departemen Ketenagakerjaan Hong Kong dilangsungkan pada tanggal  27 Oktober 2016 dan dihadiri oleh KJRI dan konsulat negara lain untuk mencari solusi atas permasalahan ini.   

"Kami berencana dalam minggu ini akan berkonsultasi dengan pemangku kepentingan terkait seperti Asosiasi Para Majikan Hong Kong untuk membahas hal tersebut. Hasil konsultasi tersebut akan disampaikan kepada konsulat-konsulat jenderal asing di Hong Kong pada tanggal 14 November 2016 dan kebijakan pengaturan baru ini akan  diimplementasikan pada awal tahun 2017" ujar Carlson K S Chans.

Sesuai ketentuan yang berlaku, Departemen Ketenagakerjaan Hong Kong merupakan pihak yang mengeluarkan dokumen kontrak kerja resmi DH. KJRI Hong Kong akan terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah Hong Kong untuk menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan kerja para BMI.


 14 Desember 2016

PEMBERLAKUAN "KONTRAK KERJA MANDIRI" DI HONG KONG

MULAI TANGGAL 1 JANUARI 2017 

 

  1. Pada hari ini, Konsul Jenderal RI, Tri Tharyat mengumumkan pemberlakuan mekanisme perpanjangan kontrak kerja baru antara Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong dengan majikan yang sama secara mandiri tanpa melalui agen dan PPTKIS ("kontrak kerja mandiri") mulai tanggal 1 Januari 2017. Mekanisme ini dikukuhkan melalui Surat Keputusan Kepala Perwakilan RI Hong Kong nomor 106/XII/2016 tanggal 14 Desember 2016 tentang Persyaratan Legalisasi dan Tata Cara Perpanjangan Perjanjian Kerja Antara Tenaga Kerja Indonesia dengan Pengguna yang Sama Tanpa Agen dan Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS). ( baca selengkapnya ​)