Sign In

 

IBU KOTAHaikou
GUBERNURLiu Cigui
SEKJEN PARTAILuo Baoming
PENDUDUK9.076.022 orang (2014)
DEMOGRAFIKEtnis Han (82,7%), etnis Li (15,84%), etnis Miao (0,82%), etnis Hui dan etnis Zhuang.
LUAS WILAYAH35,400 km2
KOTA-KOTA UTAMAHaikou, Sanya, Danzhou, Sashi, Wenchang, Qionghai, Wanning, Yangpu
SEKTOR INDUSTRI PENTINGInternet, pariwisata, farmasi, manufaktur rendah karbon, perumahan, logistik modern, perawatan kesehatan, teknologi, pendidikan, budaya dan olahraga, pertanian dan pengembangan pedesaan, layanan jasa keuangan, pameran dan konvensi, penolahan minyak dan gas alam.
GDP 2014US$ 55,11 miliar
GDP 2015US$ 57,8 miliar, meningkat 7,8% dari tahun 2014
GDP PERKAPITA 2015US$ 6.554 , meningkat 6,9% dari tahun 2014
CPI  20151%
PENGGUNAAN AKTUAL FDI 2015US$ 2,47 miliar, meningkat 28,7% dari tahun 2014
TINGKAT PENGANGGURAN 20152,3%
VOLUME EKSPOR 2015US$ 4,09 miliar, meningkat 11,56% dari tahun 2014
VOLUME IMPOR 2015US$ 10,9 miliar, menurun 12,01% dari tahun 2014
KOMODITI EKSPOR Mineral oils; Ships, boats and floating structures; Fish, crustaceans and aquatic invertebrates; Electric machinery, sound equip, Tv equip; Paper and paperboard and articles; Fertilizers; Edible preparations of meat, fish, crustaceans Etc; Plastics and articles
KOMODITI IMPORMineral fuel, oil, Bitumin subst, mineral wax; Aircraft, spacecraft; Organic chemicals; Wood and articles of wood, wood charcoal; Essential oils, perfumery, cosmetic; Wood pulp; Leather art, saddlery , handbags; Clocks and watches and parts 
VOLUME IMPOR DARI RI 2015

US$ 417,05 juta, menurun 17,23% dari tahun 2014

 

VOLUME EKSPOR KE RI 2015

US$ 165,3 juta, meningkat 100,64% dari tahun 2014

 

KOMODITI IMPOR DARI RI Coal, briquettes, ovoids and similar solid fuels manufactured from coal, lignite; Coconuts, brazil nuts and cashew nuts; Wood and articles of wood, wood charcoal; Wood pulp Etc, recovd (Waste & Scrap), paper and paper board; Food industry residues, prep animal feed; Travel goods, vanity cases, binocular and camera cases, handbags, wallets, cutlery cases and similar containers of various specified materials; Artificial staple fibers
KOMODITI EKSPOR KE RI

Petroleum oils and oils from bituminous; Sugar confectionary (including white chocolate); Electric machinery Etc, sound equip, Tv equip; Fish, crustaceans and aquatic invertebrates; Salt, sulfur, earth and stone, lime and cement plaster; Nuclear reactors, boilers, machinery; Vehicles and parts (except railway or tramway); Albuminoidal subst; Modified starch; Glue; Enzymes

 

PERTUMBUHAN EKONOMI 2015

7,8%

 

 

Kondisi Umum

  1. Provinsi Hainan adalah provinsi kepulauan yang terletak di wilayah selatan Tiongkok. Haikou merupakan ibu kota dari provinsi Hainan yang pada tahun 1987 diberikan status sebagai zona ekonomi khusus oleh Pemerintah Pusat Tiongkok dengan memberikan insentif khusus bagi investasi dan perdagangan asing. Pertanian dan pengolahan makanan menjadi bagian besar dari perekonomian Hainan, selain itu provinsi ini juga kaya akan sumber daya mineral. Provinsi Hainan memiliki industri petro-kimia yang berkembang pesat dan juga merupakan wilayah penghasil karet terbesar di Tiongkok. Namun pendapatan utama Hainan datang dari sektor pariwisata.
  2. Sebagai zona ekonomi spesial, Hainan diberikan kekuasaan untuk mengeluarkan visanya sendiri, banyak negara termasuk Indonesia diberikan bebas visa oleh Pemerintah Hainan. Selain itu, Hainan juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan duty free di berbagai tempat serta fasilitas VAT refund. Hainan juga dapat mengatur sendiri perusahaan penerbangan asing yang akan terbang ke Hainan.
  3. Ibu kota Provinsi Hainan, yaitu Kota Haikou merupakan kota pelabuhan utama yang menghubungkan RRT dengan Laut China Selatan. Kota Haikou merupakan salah satu kota penting dalam Zona Pembangunan Ekonomi RRT bagian Selatan bersama-sama dengan Hong Kong, Macau dan Taiwan.
  4. Populasi Provinsi Hainan sampai akhir tahun 2014 diperkirakan mencapai 9.076.022 orang yang sebagian besar merupakan masyarakat dari etnis Han. Rata-rata pertumbuhan penduduk di provinsi Hainan sebesar 0,98% setiap tahunnya. Terdapat 37 etnis lain yang diakui keberadaannya oleh Pemerintah Hainan dengan etnis Li, Miao dan Hui sebagai kelompok terbesar setelah etnis Han, yang mencapai sekitar 1,3 juta penduduk.
  5. Angka CPI provinsi Hainan pada periode tiga kwartal pertama tahun 2015 naik sebesar 1,1%, atau turun 1,4 poin dari periode yang sama tahun lalu, 0,3 poin di bawah nilai rata-rata nasional dan menempati posisi ke-26 dari 31 provinsi.
  6. Angka PPI provinsi Hainan selama bulan Januari hingga September 2015 turun sebesar 10,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2014, dan Industrial Producer Price Index (IPI) turun sebesar 11,9%.
  7. Menurunnya nilai industri pengolahan minyak menjadi faktor utama dari penurunan angka PPI provinsi Hainan, dan penurunan PPI ini lebih besar dibanding angka penurunan rata-rata nasional yang sebesar 5,9% atau 4,1 poin. Menempati posisi ke-25 dari 31 provinsi.
  8. Dalam sektor investasi, Hong Kong merupakan investor terbesar di Hainan. Hainan juga merupakan kampung halaman dari sebagian besar etnis Tionghoa di Asia Tenggara, dan investasi dari etnis Tionghoa ini mewakili bagian penting dari PMA Hainan. Investor utama lainnya adalah AS, Taiwan dan Singapura.
  9. Industri jasa penerbangan juga merupakan salah satu tulang pungung perindustrian provinsi Hainan. Maskapai penerbangan Hainan Airlines yang merupakan salah satu perusahaan penerbangan terbesar di RRT mempunyai rute yang mencakup domestik maupun internasional.

     

 

Potensi Hainan Bagi Indonesia

  1. Selama ini Indonesia dan Hainan mempunyai hubungan yang baik, khususnya melalui kerja sama sister province dengan Bali. Telah terjadi saling kunjung antara Gubernur Bali dan Gubernur Hainan serta pejabat tinggi lainnya.
  2. Hainan sebagai tempat tujuan wisata yang populer di RRT dan dengan status tersebut, diperkirakan Hainan berpotensi sebagai pasar produk makanan, produk spa dan kecantikan serta produk-produk lainnya yang berasal dari Indonesia. Mengingat kebanyakan orang RRT lebih memilih produk impor dibandingkan produk lokal.
  3. Indonesia dan Hainan sedang dalam pembicaraan adanya chartered flight yang akan melayani penerbangan antara Hainan dan Denpasar. Saat ini pembicaraannya tengah ditindaklanjuti oleh Hainan Airlines dan meminta dukungan Indonesia.
  4. Adanya kemungkinan kerja sama capacity building antara RI-Hainan dalam kaitan pelatihan bahasa mandarin dan kebudayaan RRT untuk pemandu wisata dari Bali.

     

     

     

 

 

​