Lapor Diri

Pentingnya Lapor Diri
Sesuai dengan Undang-undang no.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri wajib melaporkan keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal, serta kejadian penting lainnya (seperti kelahiran, perkawinan, perceraian, maupun kematian) kepada pemerintah setempat dan/atau Perwakilan RI yang meliputi tempat tinggalnya (Ps. 4 UU no.23/2006).

Untuk itu setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri sangat diharapkan untuk melaporkan keberadaan dirinya kepada Perwakilan RI setempat apabila akan tinggal lebih dari 5 (lima) hari di negara yang dikunjungi.

Lapor diri pada Perwakilan RI setempat sangat besar manfaatnya. Tentunya sangat diharapkan agar setiap WNI yang berada di luar negeri menjaga dirinya masing-masing dan senantiasa dijauhi dari kesulitan dan berbagai hambatan. Namun, apabila terjadi hal yang tidak diharapkan pada diri seorang WNI, maka tentunya akan jauh lebih mudah bagi Perwakilan RI (dalam hal ini Bagian Konsuler) setempat untuk membantunya jika WNI tersebut sudah mendaftarkan/melaporkan data dirinya di Perwakilan RI. Proses dan prosedur untuk lapor diri sangat mudah, cepat dan tidak dipungut bayaran apapun.


Pendaftaran Diri Secara Online melalui Aplikasi  LaDi

www.lapordirijerman.de


Dalam rangka meningkatkan fungsi pelayanan dan perlindungan serta mendorong partisipasi WNI yang berdomisili di Jerman untuk Lapor Diri, KBRI Berlin telah membangun aplikasi Lapor Diri (LaDi) yang terintegrasi secara online pada Perwakilan RI se Jerman (meliputi KBRI Berlin, KJRI Frankfurt dan KJRI Hamburg).

Dengan aplikasi ini, setiap WNI yang berdomisili di Jerman dapat lapor diri ke Perwakilan RI dengan menggunakan smartphone, ipad, laptop, personal computer dan perangkat IT lainnya yang berjaringan internet dengan menginput data dan dokumen yang diperlukan pada laman: www.lapordirijerman.de setiap saat dimanapun berada di wilayah negara Jerman. Untuk selanjutnya, setelah inputan selesai pemohon menyampaikan atau mengirimkan paspor RI ke Perwakilan RI guna diterakan stiker lapor diri.

Bagi WNI yang telah lapor diri sebelum aplikasi LaDi dilaunching dimohon untuk melakukan cek registrasi pada menu bar di laman www.lapordirijerman.de dan melakukan aktualisasi data dengan cara membuat akun baru pada aplikasi LaDi.

Sekiranya memerlukan bantuan dalam penggunaan aplikasi LaDi dapat menghubungi nomor kontak (030) 47807246, +4915254774886 dan +4917641704189.