PENAMPILAN TEATER KELILING DI BERLIN DALAM RANGKA HARI SUMPAH PEMUDA

​Bagi pecinta Teater di tanah air, nama Teater Keliling sudah tidak asing lagi. Selama lebih dari 40 tahun, kelompok Teater pimpinan  Dery Sirna ini telah eksis dan secara konsisten menghibur para pecinta seni teater di dalam negeri dan berbagai belahan dunia lebih, termasuk  Malaysia, Singapura, Thailand, Korea Selatan, Pakistan, Romania, Mesir, dan Australia. Kali ini giliran Jerman masuk dalam kalender penampilan mereka.


Dengan dukungan KBRI Berlin dan Komunitas Pecinta Teater dari Mahasiswa Indonesia di Berlin, Teater Keliling telah mementaskan ‘Behind The Masks’, karya Rudolf Puspa dan Dolfry Inda Suri  pada pada tanggal 31 Oktober2015 di Jugendkulturzentrum PUMPE, Berlin. Pertunjukkan Behind The Masks merupakan pertunjukan non verbal yang mengisahkan kekuatan cinta yang muncul di antara dua kekuatan yang kontras, perempuan yang agresif-perkasa dan laki-laki yang melankolis-pesimis serta berbagai cobaan yang menghadangnya, yaitu kekuatan kebencian dan kecemburuan. Penampilan di Berlin ini diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda.


Dalam sambutan pembuka sebelum pementasan, Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman, Dr. Ing. Fauzi Bowo menyampaikan apresiasi kepada Teater Keliling yang dengan konsistensi dan determinasinya bisa bertahan eksis dengan tetap memegang tegun idealismenya dalam berkarya. Mengenai tema penampilan yang terkait dengan peringatan Sumpah Pemuda Indonesia- atau dalam bahasa Jerman “Anlässich des Andenkens des Jugendschwurs”, Duta Besar menyampaikan kepada audiens latar belakang mengenai Sumpah Pemuda yang dikumandangkan pada tanggal 28 Oktober 1928, sebagai suatu sikap visioner dari para Pemuda Indonesia untuk bersatu 17 tahun sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Bukan hal mudah mempersatukan pemuda yang tersebar di 17.000 pulau dan memiliki sekitar 300 kelompok etnis dan bahasa dan populasi mayoritas Muslim. Butuh keberanian luar biasa oleh orang-orang muda untuk memperjuangkan nasionalisme dan persatuan seperti itu. Duta Besar pada kesempatan ini juga menyampaikan piagam penghargaan kepada rombongan Teater Keliling dan panitia penyelenggara .


Selain pementasan Behind The Masks, Teater Keliling juga memberikan Workshop Teater kepada komunitas mahasiswa Indonesia pada tanggal 30 Oktober 2015  di Aula KBRI Berlin. Sebelumnya Teater Keliling juga mementaskan Behind The Masks di Das Internationale Theater Frankfurt atas undangan Goethe Universität, Frankfurt.