Menlu RI Lakukan Pertemuan dengan Menlu Jerman

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Di sela-sela kesibukan mendampingi kunjungan kerja Presiden RI ke Jerman, Menteri Luar Negeri RI Dr. Marty Natalegawa didampingi oleh Dirjen Amerop dan staf melakukan pertemuan dengan mitranya Menlu Jerman Guido Westerwelle di Gedung Kemlu Jerman tanggal 15 Desember 2009.

Sebagai sesama Menlu yang baru terpilih beberapa bulan lalu, keduanya saling memberikan selamat atas penunjukan masing-masing sebagai menlu. Kedua pihak pada kesempatan tersebut menyampaikan kesamaan pandangan bahwa hubungan kedua negara saat ini terjalin dengan baik, dan masih banyak peluang bagi peningkatan hubungan kedua negara. Hubungan yang telah terjalin dengan baik tersebut, disepakati untuk diisi dengan hubungan-hubungan di bidang ekonomi.

Menlu RI pada kesempatan tersebut mengemukakan bahwa selain merupakan mitra dagang yang penting bagi Indonesia, Jerman merupakan salah satu investor utama ke Indonesia, khususnya dari kawasan Eropa.

Kedua menteri juga mempunyai kesamaan pandangan terhadap pentingnya kerjasama di bidang lingkungan hidup. Terkait dengan lingkungan, disampaikan bahwa Indonesia secara sukarela berketetapan untuk menurunkan emisi sebesar 26% pada tahun 2020.