Indonesia – Jerman Tandatangani MOU Kerjasama Clean Development Mechanism

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka meningkatkan kerjasama di bidang lingkungan hidup, Indonesia dan Jerman pada tanggal 15 Desember 2009 telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) mengenai Kerjasama “Clean Development Mechanism Project Activities” yang dilakukan di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup, Konservasi Alam dan Keamanan Nuklir Jerman.

Dalam penanda tanganan dimaksud, Indonesia diwakili oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta dan Jerman diwakili oleh State Secretary Kementerian Lingkungan Hidup, Konservasi Alam dan Keamanan Nuklir, Ms. Ursula Heinen-Esser.

Dengan penandantanganan tersebut, kedua pihak sepakat untuk melakukan kerjasama antara lain dalam bentuk pertukaran informasi di bidang peluang-peluang proyek energi terbarukan dan efisiensi energi; pertukaran informasi penilaian proyek termasuk prosedur dan panduan proyek-proyek CDM; pertukaran informasi mekanisme dan metodologi untuk penentuan garis dasar emisi dan penambahannya dan untuk memonitor dan verifikasi pengurangan emisi rumah kaca; serta promosi proyek-proyek konkrit CDM sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Protokol Kyoto dan keputusan-keputusan terkait lainnya.

Penandatangananan MOU tersebut diharapkan dapat mengawali kerjasama-kerjasama lainnya di bidang lingkungan hidup baik dalam rangka perlindungan iklim maupun keanekaragaman hayati di kedua negara.