Presiden RI akan lakukan kunjungan kerja ke Jerman

12/14/2009

Setelah melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa negara Eropa yaitu Belgia dan Perancis, Presiden RI didampingi Ibu Ani Yudhoyono dan beberapa menteri akan melakukan kunjungan Kerja ke Jerman pada tanggal 15-16 Desember 2009. Kunjungan ke Jerman tersebut dilakukan sebelum beliau menghadiri Konperensi Dunia mengenai Perubahan Iklim (UNFCCC) yang akan berlangsung di Kopenhagen tanggal 17-18 Desember 2009.

Selama melakukan kunjungan ke Jerman, Presiden RI akan melakukan pertemuan dengan Presiden Horst Köhler; pertemuan dengan Kanselir Angela Merkel; menyampaikan sambutan di depan para politisi, akademisi, usahawan dan pejabat Jerman; serta pertemuan dengan perwakilan organisasi masyarakat Indonesia.

Kunjungan tersebut mempunyai makna penting bukan hanya karena kunjungan pemimpin kedua negara sudah lebih dari 6 tahun tidak dilakukan sejak kunjungan terakhir Kanselir Jerman Gerhard Schröder ke Indonesia tahun 2003, tapi juga mengingat kedua pemimpin yang sama-sama terpilih kembali dalam pemilu beberapa bulan yang lalu dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertukar pandangan mengenai solusi yang memungkinkan bagi tercapainya suatu kesepakatan paska Kyoto Protocol yang akan berakhir 2012. Kedua negara sebagai sesama anggota G-20 dinilai telah menunjukkan kinerja ekonomi yang baik pada tahun 2009 khususnya dalam rangka menghadapi krisis keuangan global, juga menunjukkan kiprah yang menentukan baik di lingkungan regional maupun internasional.

Kunjungan dimaksud juga sangat penting dalam rangka menguatkan kembali kerjasama di berbagai bidang antara lain politik, ekonomi, pendidikan, energi dan lingkungan serta riset dan teknologi, bagi kepentingan bersama kedua negara.