Perayaan Natal Bersama Masyarakat Indonesia di Berlin

12/16/2010

Pada tanggal 14 Desember 2009, KBRI Berlin menyelenggarakan Perayaan Natal Bersama Masyarakat Indonesia di Berlin dan sekitarnya bertempat di Gedung Balai Kota Berlin Rotes Rathaus. Perayaan Natal tahun ini bertema „Terang yang Sesungguhnya Sedang Datang ke Dunia“. Perayaan ini dihadiri oleh tak kurang dari 400 masyarakat Indonesia umat Kristiani yang tergabung dalam keluarga besar Gereja Imanuel Berlin, Gereja Bethany Indonesia, KMKI, PPI Berlin, dan Himaboni. Acara ini juga dihadiri  oleh Friends of Indonesia dan seluruh staff KBRI Berlin .  Acara  dibagi dalam dua bagian, yaitu Kebaktian Natal dan Perayaan Natal.

 

Ibadah Kebaktian Natal dipimpin oleh pemuka agama Bpk. Jeffrey Purnomo yang dalam inti kotbahnya menyerukan agar umat kristiani tetap patuh pada firman Tuhan dan mengasihi sesama manusia seperti mengasihi dirinya sendiri. Selain itu dilakukan pula doa syafaat  yang dipimpin oleh Pastor Fidelis Waton yang mencakup doa untuk bangsa dan negara, untuk kerukunan hidup beragama  dan perdamaian dunia, serta doa untuk umat yang tengah sakit, terlantar dan kekurangan

 

Perayaan Natal kali ini juga diisi dengan pengumpulan dana untuk membantu masyarakat Indonesia yang tengah terkena musibah. Secara khusus dalam acara ini ditampilkan berbagai dokumentasi foto mengenai dampak bencana yang ditimbulkan akibat Banjir di Wasior Papua, Tsunami di Mentawai serta letusan Gunung Merapi di Jogjakarta. 

 

Dalam sesi Perayaan dan Ramah Tamah, Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman menyambut positif upaya penggalangan dana tersebut. Dubes RI juga menggarisbawahi pentingnya untuk memupuk sikap toleransi dan persaudaraan diantara warga negara Indonesia yang berada di Jerman tanpa memandang latar belakang sosial, agama ataupun pekerjaan yang dilakukannya. Karena masyarakat Indonesia yang majemuk pada dasarnya adalah anugerah dan potensi yang luar biasa dari Tuhan sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya; sesuai semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Acara ditutup dengan pagelaran lagu-lagu natal oleh berbagai kelompok  masyarakat  seperti KMKI, Koor Batera, Group Gloria, Kelompok Angklung MRII serta pembagian kenangan natal untuk anak-anak. Acara ini juga dimanfaatkan oleh Dubes RI Berlin dan seluruh staff KBRI Berlin untuk bertatap muka dan beramah tamah  dengan masyarakat Indonesia dan friends of Indonesia yang hadir guna melakukan pembinaan.