Jerman Ikuti dan Nilai Positif Perkembangan Reformasi Hukum di Indonesia

12/8/2009

Presiden Mahkamah Agung Federal Jerman (Bundesgerichtshof), Prof. Dr. Klaus Tolksdorf dan Presiden Mahkamah Konstitusi Federal Jerman (Bundesverfassungsgericht), Prof. Dr. Dres. h.c. Hans-Jürgen Papier dalam pertemuannya dengan Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Prof.Dr.Mahfud M.D beserta Hakim Mahkamah Konstitusi RI di Kalrsruhe, Jerman tanggal 1-2 Desember 2009 menyatakan bahwa Publik Jerman mengikuti dengan seksama dan penuh perhatian proses reformasi yang terjadi di Indonesia. Keberadaan Mahkamah Konstitusi RI merupakan salah satu bukti nyata keberhasilan proses reformasi hukum di Indonesia. Untuk itu, Jerman siap untuk terus memberikan dukungan dan kerjasamanya yang dibutuhkan.

Ketua dan Hakim Mahkamah Konstitusi RI berada di Jerman pada tanggal 30 November-5 Desember 2009 dalam rangka menjajaki kerjasama di bidang hukum, khususnya pengembangan kapasitas institusi Mahkamah Konstitusi RI ke depan.

Selama kunjungan ke Jerman tersebut, selain dengan pimpinan lembaga hukum tertinggi pada tingkat Federal tersebut, juga telah dilakukan pertemuan dengan Max Planck Institut for Comparative Public Law and International Law di Heidelberg dalam rangka membahas berbagai kemungkinan bentuk kerjasama dengan kedua institusi dimaksud.

Berkaitan dengan hal tersebut, Duta Besar RI Berlin, Eddy Pratomo, menyampaikan kesiapan pihak KBRI untuk memberikan dukungan dengan memfasilitasi terlaksananya kerjasama yang lebih erat antara Mahkamah Konstitusi RI dengan berbagai institusi hukum Jerman di masa yang akan datang bagi keuntungan kedua negara.