Tari Sekar Jagad dan Puspanjali warnai Pembukaan Pameran Wisata Terbesar di Thuringen, Jerman

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sajian tarian Sekar Jagad dan Puspanjali oleh KBRI Berlin menarik perhatian para pejabat negara bagian Thuringen dan para pengunjung yang hadir dalam pembukaan Erfurt Messe Reisen und Caravan, Pameran Wisata Terbesar di negara bagian Thuringen tanggal 29 Oktober 2009. Media cetak dan elektronik di Thuringen tidak lupa juga mengabadikan penampilan budaya Indonesia pada pembukaan acara tersebut.
 
Bagi Indonesia penyelenggaraan pameran wisata di Erfurt tahun ini sangat bermakna dan khusus karena penyelenggara telah memilih Indonesia sebagai negara mitra dalam pameran yang berusia 18 tahun dan diikuti lebih dari 250 peserta, baik lokal, nasional maupun internasional. Selain Indonesia, beberapa negara yang ikut dalam pameran tersebut antara lain Hungaria, Turki, Ceko, Australia, Tunisia, Canada, Selandia Baru.
 
Dalam pembukaan pameran tersebut, State Secretar Kementerian Ekonomi, Teknologi dan Tenaga Kerja Thuringen, Prof  Kunachen menyampaikan penghargaan kepada Indonesia yang aktif melakukan promosi di Thuringen, khususnya tahun ini menjadi Partner Country pada pameran wisata yang diperkirakan akan dikunjungi lebih dari 30.000 pengunjung dan berlangsung pada tanggal 29 Oktober – 1 Nopember 2009.
 
Sebagai partner country, Indonesia mendapatkan porsi liputan pemberitaan yang khusus dan setiap hari diberikan kesempatan untuk mengisi acara seperti presentasi mengenai wisata dan penampilan kebudayaan. Sebagai negara yang kaya akan ragam makanan, pada hari Sabtu dan Minggu Indonesia juga akan menampilkan wisata kuliner dengan acara demonstrasi memasak yang akan dilakukan oleh para ahli masak Indonesia yang berdomisili di Berlin. Pengunjung pada kesempatan tersebut diberikan kesempatan untuk melakukan praktek memasak dan mencicipi makanan tersebut.
 
KBRI Berlin mengikutsertakan elemen-elemen terkait guna bersama-sama mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Thuringen, seperti sektor swasta dan perhimpunan pelajar. Para pengunjung dapat melakukan pemesanan wisata ke Indonesia secara langsung di tempat pameran karena KBRI Berlin menggandeng 2 Biro Wisata di Jerman yang menjual wisata Indonesia (Airways Holidays dan Destinasia) untuk bersama-sama mempromosikan Indonesia melalui pameran tersebut. Disamping itu, untuk penampilan seni budaya, KBRI Berlin juga mengikusertakan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Erfurt guna mengenalkan Indonesia kepada masyarakat di daerah tersebut.
       
Berlin,   29 Oktober 2009