Braunschweig siap Tingkatkan Kerjasama dengan Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka meningkatkan hubungan dan kerjasama antara Indonesia dengan  Braunschweig, negara bagian Niedersachsen, Dubes RI Berlin Eddy Pratomo telah menandatangani Buku Emas Kota Braunschweig di City Hall Kota Tersebut yang menandai keinginan kedua pihak untuk lebih meningkatkan kerjasama yang telah dirintis.
 
Braunschweigh sejak tahun 1960 telah menjalin kerjasama dengan Bandung, dan merupakan kerjasama luar negeri pertama antara kota di Asia Tenggara dengan kota di Eropa.
Wakil Walikota Braunschweig, Mrs.Kükelhahn menyambut baik penandatanganan tersebut dan merupakan kunjungan pejabat tinggi Indonesia pertama secara resmi dan dilakukan penandatanganan buku emas. Yang bersangkutan juga menyambut baik kerjasama yang telah dijalin selama ini, terutama pementasan-pementasan kebudayaan Indonesia di kota tersebut setiap tahun yang terselenggara  atas kerjasama dengan masyarakat Indonesia di kota tersebut.
Dubes RI Berlin pada kesempatan tersebut mengusulkan peningkatan kerjasama Indonesia dan Braunschweig dengan diisi kerjasama yang lebih substansi antara lain di bidang pariwisata dan pengembangan SDM. Dalam rangka peringatan 50 tahun hubungan kerjasama Braunschweig Bandung, disepakati untuk mengadakan seminar mengenai Indonesia dan pementasan kebudayaan Indonesia di Braunschweigh dan pementasan kebudayaan Jerman di Bandung.
 
Selain pendantanganan buku emas, Dubes Eddy Pratomo didampingi Konjen RI Hamburg dan Counsellor Sosbud KBRI Berlin melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait di Braunschweig antara lain walikota Braunscchweig, pebisnis (KADIN, Federasi Insustri), akademisi, serta friend of Indonesia yang hadir dalam pembacaan buku mengenai “the Cry of the Geckos – 18 Years in Indonesia full of Experiences”.
 
Berlin,  19 Oktober 2009.