Perpajakan

Perpajakan di Kazakhstan
Pajak Dasar

Setiap unsur kewirausahaan dari investor asing, biasanya mengikuti aturan pajak dan bea sebagai berikut:
• Pajak penghasilan Badan Usaha/Corporate Income Tax (CIT);
• Pajak Penghasilan Perorangan/Individual Income Tax (IIT);
• Pajak Ekstraksi Mineral/Mineral Extraction Tax (MET);
• Pajak atas Keuntungan/Tax on Excess Profit;
• Pajak Pertambahan Nilai/Value Added Tax (VAT);
• Pajak Bumi atas Badan Hukum;
• Pajak Properti atas Badan Hukum, dan Pengusaha Perorangan;
• Pajak Kendaraan dari Badan Hukum;
• Pajak Pensiun
 
Perpajakan Asing
 
Perorangan asing harus terdaftar pada otoritas perpajakan di Kazakhstan, otoritas perpajakan dalam hal: pembukaan rekening di bank, kewajiban sebagai warga negara Kazakhstan, akuisisi pendapatan dari Kazakhstan, sumber non-pajak dari sumber pembayaran di Kazakhstan, serta akuisisi atas status wajib pajak.
 
Pendaftaran pajak biasanya dilakukan di alamat tempat tinggal yang ditunjukkan dalam kartu migrasi orang asing. Pendaftaran: Badan Hukum Asing, dilakukan berdasarkan data registrasi nasional nomor identifikasi, yang secara otomatis terdaftar pada otoritas pengadilan. Disamping itu Badan Hukum Asing yang melakukan kegiatan usaha di Kazakhstan.
Warga negara Kazakhstan akan dikenakan pajak pendapatan baik yang diperoleh dari dalam, dan luar Kazakhstan, sedangkan non-warga negara Kazakhstan akan dikenakan pajak terkait dengan pendapatan yang berasal dari Kazakhstan saja.

Sebagai ketentuan, pendapatan yang diperoleh dari dalam negeri meliputi pembayaran gaji yang diperoleh di Kazakhstan atau pendapatan lainnya baik dari warga negara atau bukan warga negara Kazakhstan yang memperoleh ijin tinggal di Kazakhstan. Perolehan pendapatan dimaksud termasuk keuntungan, dividen, dan pengembalian royalti. Perseorangan Asing, akan diperhitungkan sebagai penduduk setempat apabila tinggal lebih dari 183 hari dalam setahun. Sebaliknya mereka yang tidak diperhitungkan sebagai bukan sebagai penduduk setempat apabila akan berakhir ijin tingalnya pada tahun berikutnya. Perjanjian pajak berganda dapat diterapkan secara berbeda dalam mendefinisikan status penduduk setempat.
 
Penerapan Kebijakan Pajak Khusus
Kebijakan Pajak Khusus diterapkan bagi pengusaha perorangan yang tidak memiliki karyawan, beroperasi dalam bentuk wirausaha, dan berpenghasilan tidak melebihi 300 kali upah minimum.
Perjanjian Pajak Berganda antara Kazakhstan dan negara-negara lain.
Usaha Kecil Menengah juga diharuskan membayar pajak sesuai ketentuan
______________________________________________________________________________________________________________

Perpajakan di Tajikistan
Pada 1 Januari 2013, Pemerintah Tajikistan telah mengadopsi peraturan baru mengenai pajak yang berisi daftar semua jenis pajak dan retribusi, dan prinsip-prinsip pajak umum yang ada di di Tajikistan baik termasuk sebagai pajak nasional maupun lokal.
Berdasarkan Peraturan Pajak baru, pajak-pajak utama yang berlaku untuk kegiatan investasi, sebagai berikut:
•  Pajak Penghasilan Perusahaan/Corporate Income Tax (CIT);
•  Pajak Pertambahan Nilai/Value Added Tax (VAT);
•  Pajak Jalan/ Road Tax;
•  Pajak Gaji/Payroll Tax;
•  Pajak Tanah/Land Tax;
•  Pajak Properti/Property Tax;
•  Pajak Pertambangan/Mining Tax;
•  Pajak yang dipotong langsung melalui sumber pembayaran/penghasilan non-penduduk
   setempat.
 
Semua badan hukum Tajikistan dikenakan pajak penghasilan perusahaan (CIT). Penduduk Tajikistan dikenai pajak atas penghasilannya bekerja di luar negeri. Adapun Non-penduduk Tajikistan dikenakan CIT hanya pada pendapatan yang berasal dari Tajikistan. Non-penduduk Tajikistan yang bekerja pada badan usaha pribadi, umumnya tetap dikenakan ketentuan CIT.
 
Sejak 1 Januari 2015, CIT dihitung dengan menggunakan ketentuan tarif 24% untuk penghasilan kena pajak (14% bagi perusahaan yang memproduksi barang), yang dihitung berdasarkan penghasilan bruto dikurangi dengan kerugian dari periode sebelumnya. Kewajiban CIT tidak kurang dari 1% dari pendapatan keseluruhan. Pengurangan bertahap dari tarif CIT diperkirakan mencapai 23% (13% untuk perusahaan yang memproduksi barang) pada tahun 2017.
 
Sistem Pajak Yang disederhanakan
Sistem pajak yang disederhanakan untuk usaha kecil (selanjutnya disebut sebagai “pajak di bawah sistem yang disederhanakan”) adalah kebijakan pajak khusus, di mana pajak penghasilan untuk usaha usaha kecil/menengah dibayar melalui prosedur yang disederhana-kan. Kebijakan pajak yang disederhanakan diberlakukan terhadap usaha kecil sampai pendapatan/penghasilan tahunannya tidak melebihi 500.000 Tajikistan Somoni).

Wajib pajak yang membayar pajak di bawah sistem disederhanakan tidak berkewajiban bagi pajak penghasilan, kecuali melalui potongan pajak perusahaan. Untuk kegiatan yang berkaitan dengan produksi barang tarif pajak.adalah 5%. Sedangkan untuk obyek kegiatan lain tarif pajak yang dikenakan adalah 6%.

Baca lebih lanjut, silakan klik di sini.

Tarif Pajak
Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di Tajikistan dibebankan masing-masing 0%, 5% dan 18%. Pajak ekspor dari Tajikistan dikenakan 0% PPN, kecuali untuk ekspor kapas mentah, kapas giling, benang katun, aluminium mentah, batu mulia, dan perhiasan, serta barang-barang yang diproduksi di Zona Ekonomi Bebas,yang dibebaskan dari PPN. Agar memenuhi syarat 0%, wajib pajak harus memberikan dokumen pendukung kepada otoritas pajak seperti yang ditentukan dalam Peraturan Pajak.

Tarif 5% berlaku bagi obyek kena pajak (kecuali impor) yang dibuat oleh perusahaan jasa boga, perusahaan grosir dan eceran, perusahaan penjualan dan pemasok, lembaga pendidikan dan perusahaan konstruksi. Tarif 5% berlaku sejak 1 Januari 2016. Sedangkan tarif 18% berlaku untuk semua penjualan kena pajak barang lainnya, termasuk pekerjaan dan jasa di Tajikistan.

Tarif pajak sejak 1 Januari 2015, tarif pajak jalan sebesar 0,25% termasuk untuk badan hukum yang terkait dengan perdagangan dan pengadaan barang, suplai dan kegiatan penjualan, untuk kegiatan lainnya sebesar 1%. Adapun pajak jalan akan dihapuskan mulai 1 Januari 2017.

Baca lebih lanjut, silakan klik di sini