Legalisasi

  • Pelayanan legalisasi oleh KBRI Astana merupakan pengesahan atas keaslian tanda tangan dan cap pada suatu dokumen resmi yang akan digunakan di Indonesia maupun di negara akreditasi (Kazakhstan dan Tajikistan).
  • Pada lembar dokumen yang dilegalisasi akan dibubuhkan stempel yang menjelaskan bahwa dokumen tersebut sesuai dengan naskah asli.
  • KBRI Astana tidak bertanggung jawab atas isi dokumen yang dilegalisasi.
Jenis dokumen yang dapat dilegalisasi:
  1. Surat Kuasa / Surat Pernyataan.
  2. Terjemahan Dokumen (Akta Kelahiran / Surat Keterangan Kematian / Akta Nikah / Akta Cerai / Ijazah / SIM / KTP / Surat Keterangan Kelakuan Baik)
  3. Salinan Dokumen
  4. Daftar Barang Pindahan
 
Catatan:
Dokumen asing yang akan digunakan di Indonesia harus dilegalisasi oleh Kemlu di wilayah akreditasi (Kazakhstan/Tajikistan) sebelum diproses oleh KBRI Astana.
 
Ministry of Foreign Affairs Republic of Kazakhstan
31, Konayev str.
010000 Astana, Kazakhstan
Registry
tel.: +7 (7172) 72 05 18
                       72 01 14
                       72 05 13
Fax: +7 (7172)72 05 16
email: mfa@mfa.kz 
 
Ministry of Foreign Affairs Republic of Tajikistan
 
33 Sheroz str., Dushanbe 734001, Republic of Tajikistan
Tel: (992 37) 2210551,  (992 37) 2211808
Fax: (992 37) 221-02-59
Email: info@mfa.tj

Pembayaran:
Biaya konsuler untuk legalisasi harus di transfer ke bank KBRI sebagai berikut:

The Embassy of the Republic of Indonesia
TRN 620500007665
BIN 110250008920

Bank details:
Account number KZ059490002023463031
JSC «Altyn Bank»
Swift ATYNKZKA
Кбе 21

Pembayaran menggunakan kurs dollar AS ($).

A. SURAT KUASA / SURAT PERNYATAAN
SYARAT
  • Paspor asli
  • Bukti ijin tinggal asli (visa Asli/ stempel imigrasi / Permanent Residence Card)
  • Bukti domisili asli (Non-Driver ID / Driver’s License / Bank Statement / Utility Bills / Lease   Agreement / Letter of Intent bagi pelajar yang tinggal asrama
  • Dokumen yang akan dilegalisasi harap diketik rapi. Dokumen yang ditulis tangan tidak dapat diproses.
  • Dokumen harus mencantumkan nama pemohon sesuai paspor, nomor paspor dan alamat di negara akreditasi (Kazakhstan/Tajikistan)
  • Dokumen harus ditandatangani di hadapan petugas konsuler. Dokumen yang dikirim melalui pos dan telah ditandatangani harus dilegalisasi oleh notaris di negara akreditasi (Kazakhstan/Tajikistan).
  • Untuk surat yang menggunakan materai, tanda tangan pemohon harus menyentuh materai.
  • Menyertakan sesuai tarif yang ditentukan
 
B. TERJEMAHAN DOKUMEN
    SYARAT:
  • Paspor asli
  • Kartu identitas / Permanent Residence Card / driver’s lisence / bank statement / utility bills asli
  • Dokumen yang akan dilegalisasi harus diketik rapi, bukan tulisan tangan
  • Apabila menggunakan materai, sebagian tanda tangan harus tertulis di atas materai.
  • Menyertakan sesuai tarif yang ditentukan


C. SALINAN DOKUMEN
    SYARAT:
  • Paspor asli
  • Kartu identitas / Permanent Residence Card / driver’s license / bank statement / utility bills asli
  • Dokumen asli dari salinan dokumen yang akan dilegalisasi
  • Menyertakan biaya sesuai tarif yang ditentukan
 
D. DAFTAR BARANG PINDAHAN DAN SURAT KETERANGAN
  • Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 28/PMK.04/2008 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang Pindahan, KBRI Astana dapat melegalisasi daftar barang pindahan dan menerbitkan surat keterangan barang pindahan sebagai syarat pembebasan bea masuk atas impor barang pindahan.
  • Definisi barang pindahan: barang-barang keperluan rumah tangga milik orang yang semula berdomisili di luar negeri, kemudian dibawa pindah ke dalam negeri. Pembebasan bea masuk tidak berlaku terhadap barang pindahan yang dikategorikan sebagai barang dagangan atau kendaraan bermotor.
  • Barang pindahan dimaksud harus tiba bersama-sama pemilik yang bersangkutan atau paling lama 3 (tiga) bulan sesudah atau sebelum pemilik barang yang bersangkutan tiba di Indonesia
Pembebasan bea masuk barang pindahan dapat diberikan kepada :
  • PNS, anggota TNI atau Polri (berada di negara akreditasi minimal setahun, dibuktikan dengan SK penempatan dan penarikan / SK tugas belajar dari instansi terkait)
  • Pelajar dan mahasiswa (berada di negara akreditasi minimal setahun, dibuktikan dengan surat keterangan dari sekolah/kampus)
  • Tenaga Kerja Indonesia yang ditempatkan pada perwakilan Indonesia di luar negeri (berada di  negara akreditasi minimal setahun, menyertakan bukti perjanjian kerja dengan Kementerian Luar Negeri)
  • WNI yang bekerja di negara akreditasi (minimal setahun secara terus menerus, dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga terkait)
  • WNA yang karena pekerjaannya pindah ke wilayah Indonesia
SYARAT:
  1. Mengirimkan surat permohonan berisi alasan pengajuan legalisasi, data diri lengkap sesuai paspor, informasi alamat di negara akreitasi dan alamat di Indonesia, tanggal tiba di negara akreditasi dan tanggal kepulangan dari negara akreditasi
  2. Melampirkan:
  • Daftar barang pindahan
  • Paspor asli dan fotokopi
  • Fotokopi tiket pesawat
      3. Menyertakan biaya sesuai tarif yang ditentukan

Catatan:
Setelah seluruh dokumen dilegalisasi Perwakilan RI, pemilik barang atau kuasanya harus menyampaikan Pemberitahuan Pabean Impor ke Kantor pabean tempat pemasukan barang pindahan dengan melampirkan daftar barang pindahan dan surat keterangan barang pindahan yang telah dilegalisasi, surat keterangan dari instansi/lembaga terkait, dan fotokopi paspor.