Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Tips

Tips Sebelum Melakukan Perjalanan Ke Luar Negeri

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai negara yang akan dituju melalui website, majalah, brosur, biro perjalanan atau kerabat yang pernah berkunjung ke negara tersebut. Hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri, sebagai berikut:

1. Travel Warning

Pastikan bahwa negara tersebut tidak termasuk dalam daftar negara warning. Untuk mengetahui lebih detail mengenai himbauan bagi WNI, anda dapat meng-klik menu Info Penting.

2. Pastikan masa berlaku paspor minimal masih berlaku 1 (satu) tahun

Perlu diketahui bahwa ada beberapa negara yang tidak menerima sekalipun masa berlaku paspor masih berlaku satu tahun.

3. Periksa syarat pengurusan visa negara tujuan

Pengurusan visa ke kedutaan Negara tujuan sebaiknya dilakukan satu bulan atau minimal 2 minggu sebelum berangkat. Beberapa kedutaan melakukan layanan pengurusan visa secara online untuk kemudahan anda.

4. Konfirmasikan tiket perjalanan pulang-pergi anda

Tentukan pesawat yang menuju ke lokasi tersebut dan lakukan pembelian tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.

5. Periksa kesehatan anda serta lakukan vaksinasi

Pelajari dengan seksama situasi di negara tujuan dan potensi resiko kesehatan yang mungkin dihadapi baik karena cuaca, perbedaan iklim maupun hal lainnya. Siapkan diri dengan alternatif solusi atas kemungkinan resiko kesehatan yang terjadi.

6. Bawalah uang yang cukup

Carilah informasi tentang mata uang setempat serta nilai tukar, untuk mengetahui berapa banyak yang akan anda perlukan selama perjalanan. Perkirakan pula jumlah pengeluaran untuk transportasi, konsumsi, serta akomodasi lainnya.

7. Bekali diri dengan asuransi perjalanan dan kesehatan yang memadai

Jika memungkinkan miliki asuransi yang meliputi perlindungan dari penyakit, kecelakaan, kerusakan dan kehilangan, bagasi, uang tiket dan lain-lain. Jika perjalanan anda dibekali oleh sponsor, pastikan bahwa pihak sponsor selama di luar negeri dapat memberikan jaminan atau membantu penyelesaian perawatan kesehatan.

8. Carilah informasi mengenai negara tujuan anda yang terkait dengan :

a. Aturan dan Larangan

Cari informasi mengenai aturan dan larangan membawa masuk barang-barang tertentu ke negara yang akan anda kunjungi.

b. Musim

Cari informasi tentang musim yang tengah berlangsung di negara yang akan dituju untuk penyesuaian pakaian yang akan anda bawa.

c. Bahasa

Cari informasi tentang bahasa internasional yang digunakan, ada baiknya membawa kamus bahasa setempat untuk mengetahui bahasa yang umum dipakai masyarakat setempat.

d. Hotel dan Transportasi

Cari informasi tentang jenis transportasi dan tarif hotel yang sesuai dengan budget anda. Pelajari peta lokasi sehingga tahu tempat yang mudah di jangkau seperti restoran makanan tradisional, rumah sakit, bank, kantor polisi, dll.

e. Tempat Wisata Tujuan

Cari informasi mengenai tempat-tempat wisata yang menarik serta buatlah daftar kunjungan anda.

9. Bawalah fotocopy kartu identitas atau paspor, kartu kredit dan travel cheque bila ada.

10. Miliki alamat serta nomor kontak Kantor Perwakilan Republik Indonesia yang ada atau terdekat dari negara tujuan.

Alamat dan nomor kontak kantor perwakilan RI dapat dilihat di menu Kedutaan/konsulat.

11. Berikan salinan tiket anda pada keluarga atau teman dekat serta informasikan mereka kemana anda akan pergi dan bagaimana dapat menghubungi anda selama perjalanan.

12. Berkemas ringkas

Ingatlah untuk membawa voltage converter agar peralatan listrik yang dibawa sesuai dengan steker di negara tujuan. Untuk perjalanan jauh dan lama, bawa pakaian berbahan ringan yang mudah kering dan antikusut.

13. Tas Dan Bagasi

Ikatkan pita berwarna terang atau tali pengaman kopor agar mudah dikenali. Bepergian dengan barang yang ringkas memudahkan anda, terutama jika anda harus ganti pesawat/transit.

07-08-2012




AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Tabloid DiplomasiPidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidBuletin Komunitas ASEANDiplomasi Indonesia 2013
UNAOC6ASEAN Selayang PandangLPSEPedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh Pemda
Perpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEANQuAs edisi 4BSBI 2014
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan